klikdokter.com
Jumat, 25 Juli 2014

Kuku Hitam, Lutut Sakit

Saya mempunyai 2 keluhan dok. Yang pertama yaitu tentang kuku. Di tangan, ibu jari (dua duanya) ada garis horizontal hitam di tengah. Karena sangking penasarannya, saya mencari apakah maksud dari itu. Akhirnya saya menemukan, dan saya menemukan kalau itu adalah tanda ada penyakit kanker. Saya belum periksa ke dokter. Dan ini rangkuman dari web tersebut "Garis hitam di kuku, jika melihat garis hitam di kuku jangan anggap remeh. Segera periksakan ke dokter. Kanker kulit juga bisa berkembang di bawah kuku. Garis kekuningan, cokelat atau atau hitam di kuku, menandakan kerusakan sel, kemungkinan dari melanoma, sejenis kanker kulit yang paling berbahaya. Tapi dengan deteksi dan pengobatan dini, sekitar 95% kasus bisa disembuhkan. Jadi, periksakan ke ahli dermatologi." Yang kedua yaitu tentang lutut saya. Setiap duduk atau bersila, pokoknya jika lutut saya ditekuk kira-kira selama 10 menit saya merasa sakit, linu pada lutut bagian kanan (bisa dibilang lutut bagian belakang). Dan selalu bersuara "ctek" saat saya meluruskannya. Pada lutut kiri tidak terjadi apa-apa. Hanya lutut bagian kanan yang saya alami. Penyakit ini sudah saya alami dari umur 15 tahun. Sebelumnya terima kasih dok. Mohon dijawab.



Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang ingin kami konfirmasi kembali. Apakah garis hitam pada kuku Anda tampak melintang atau membujur? Sangat sulit bagi kami untuk menjelaskan kondisi Anda tanpa melihat langsung. Melanoma (kanker) pada kuku biasanya tampak sebagai garis kehitaman yang membujur pada kuku. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter agar dokter dapat melihat langsung kondisi kuku Anda, menentukan diagnosis dan memberikan pilihan penanganan yang sesuai untuk Anda.

Rasa sakit setelah lutut ditekuk untuk waktu yang cukup lama sebenarnya dapat merupakan hal yang wajar, apalagi jika tidak membatasi aktivitas normal lainnya. Namun, keluhan pada lutut Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan rontgen tulang daerah lutut untuk mengetahui apakah ada masalah lainnya. Maka, kembali kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang tambahan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Kawat Gigi
Sinusitis?
Keputihan Warna Coklat