klikdokter.com
Selasa, 23 September 2014
<

Tenggorokan Kering

Halo Dok. Nama saya Herman, Umur 21 tahun, tinggi 168cm dan berat 64kg. Saya laki2. Keluhan: Saya sering mengalami sensasi/rasa kering di tenggorokan saat berolahraga. Rasa kering ini selalu diakhiri rasa ingin muntah dan setelah itu selalu ingin meludah karena ada semacam dahak yang menyangkut di tenggorokan. Hal ini muncul tidak menentu. Terkadang bisa muncul saat saya lari sekitar 2 km, terkadang juga tidak muncul biarpun saya telah bermain futsal selama 1 jam. Tapi hal ini juga sering muncul ketika saya sedang mandi. Penyakit apa yang saya idap Dok, dan bagaimana cara menyembuhkannya? Terimakasih atas perhatiannya.



Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Rasa kering di tenggorokan atau mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Dehidrasi
  • Stres atau faktor psikologis
  • Penggunaan obat-obat tertentu
  • Defisiensi vitamin
  • Gejala penyakit sistemik atau metabolik, seperti diabetes

Melihat keluhan Anda muncul sering saat berolahraga, ada kemungkinan hal ini karena Anda mengalami dehidrasi. Saat berolahraga, tubuh kehilangan banyak cairan melalui keringat. Apakah Anda sudah memastikan diri Anda terhidrasi dengan baik?

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda coba untuk mengatasi keluhan Anda saat lari:

  • Minumlah. Sebaiknya Anda meminum 200-300 ml air setiap 20 menit Anda berolahraga. Jangan hanya meminum air setelah Anda berolahraga karena saat itu Anda kemungkinan sudah mengalami dehidrasi.
  • Permen karet. Mengunyah permen karet saat Anda berolahraga juga dapat membantu rasa kering karena hal ini aakan memicu produksi air liur yang akan membasahi mulut dan tenggorokan. 
  • Bernapas lewat hidung. Jangan bernapas lewat mulut karena udara yang melewati rongga mulut dan kerongkongan dapat menambah rasa kering yang Anda rasakan.

Mengingat Anda menyebutkan terkadang mengalaminya saat mandi, tidak tertutup kemungkinan mungkin gejala ini merupakan salah satu gejala dari gangguan lain. Apakah Anda mandi dengan air panas? Bila iya, dehidrasi masih dapat menjadi penyebab. Apabila Anda sudah mencoba saran kami di ats dan tidak mengalami perbaikan gejala, maka kami sarankan Anda menemui dokter terdekat.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.[SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
bibir keras dan kering
Vagina Berbau
Flek pada Kehamilan = Keguguran?