klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register

Sekret Vagina Coccus Gram Negatif

Keputihan disertai rasa gatal Tadi siang saya check up di sebuah klinik. Saya merasa keputihan saya sudah abnormal. Atas saran bidan saya mengikuti tes sekret vagina, dan hasilnya: -Clamida -- -Gram(+) Tidak ditemukan -Gram(-) Diplococcus batang menyebar -Trichomonas -- -Jamur Tidak ditemukan -Leukosit 2-3 -Epitel 8-10 Artinya apa ya dok.,?? saya terkena apa.,?? Bahaya atau tidak dan bagaimna cara menanganinya.,.???



Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Apa kah Anda aktif secara seksual? Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan kemungkinan keputihan disebabkan oleh infeksi Gonorrhae (GO) karena kuman Neisseria gonorrhae yang merupakan kuman coccus gram negatif. Kuman ini ditularkan melalui hubungan seksual. Penularannya cepat dengan masa inkubasi yang hanya berkisar 3-5 hari.

Wanita yang menderita GO sebaiknya cepat diobati karena adanya kemungkinan komplikasi  Penyakit Radang Panggul (Pelvic Inflammatory Disease-PID). PID dalam jangka panjang dapat menyebabkan perlekatan alat reproduksi dan menyebabkan gangguan kesuburan.

Terapi untuk gonorrhea adalah antibiotik suntik golongan penisillin prokain atau antibiotik oral golongan quinolon. Tentu saja pengobatan antibiotik ini harus di bawah pengawasan dokter. Saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dievaluasi lebih lanjut, diperiksa laboratorium untuk memastikan penyakit GO, dan diberikan terapi antibiotik. Pasangan Anda juga sebaiknya diobati karena apabila tidak maka pasangan Anda dapat menularkan penyakit ini lagi melalui hubungan seksual. Hal ini dinamakan fenomena pingpong, dalam arti kedua belah pihak harus diobati secara tuntas kalau tidak, dapat terjadi infeksi berulang.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)
 
salam,
Tim Redaksi Klikdokter



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter