klikdokter.com
Rabu, 03 September 2014
<

Nyeri Perut Saat Berhubungan

salam..... Dok, saya mau tanya, pada saat berhubungan badan kadang saya merasa nyeri di perut sebelah kiri, kemudian juga kadang timbul bercak darah yang bersatu dengan lendir, hal ini terjadi kadang ketika saya beberapa hari menjelang menstruasi... tetapi hal ini tidak terjadi setiap berhubungan.... seperti bulan ini, beberapa hari setelah saya selesai menstruasi ketika keluar keputihan bening saya melakukan hubungan badan, tidak terjadi hal yang ganjil. beberapa hari kemudian saya melakukan hubungan badan lagi masih pada saat keputihan yang bening, stelahnya keluar bercak darah merah agak pink yang sebelumnya terasa agak sakit di bagian perut sebelah kiri. hal yang terjadi pada saya normalkah atau ada sesuatu yang harus diwaspadai, karena kejadian ini terjadi berulang kali dalam beberapa bulan terakhir, kadang disertai sakit di perut bawah kadang tidak, selama ini saya belum pernah melakukan pemeriksaan apapun. Sementara itu juga saya ingin mempunyai anak lagi, apakah dengan kondisi seperti ini masih memungkinkan...? Terima kasih



Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan yang Anda berikan. 

Beberapa informasi tambahan diperlukan untuk memperkirakan penyebab keluhan Ibu, seperti apa menstruasi teratur, apakah ada gangguan kesuburan selama ini? Tentunya perlu dilakukan pemeriksaan fisik untuk memastikannya. Apa yang Ibu alami mungkin dadpat disebabkan oleh suatu keadaan yang disebut Endometriosis. 

Endometriosis adalah pertumbuhan lapisan endometrium di luar rahim. Lapisan endometrium merupakan lapisan yang teradapat dalam rahim, yang dalam keadaaan normal hanya ditemukan di dalam rahim. Adanya lapisan endometrium yang tumbuh di luar rahim dapat menimbulkan keluhan berupa nyeri panggul, nyeri saat menstruasi (dysmenorea), nyeri saat berhubungan seksual, dan infertilitas (gangguan kesuburan).

Cara terbaik untuk menegakkan diagnosis endometriosis adalah dengan melakukan laparoskopi. Melalui pemeriksaan laparoskopi, dokter dapat melihat secara langsung dan menegaskan keberadaan endometriosis dalam tubuh anda. Pada beberapa kasus, endometriosis dapat tidak menimbulkan gejala apapun selain gangguan kesuburan dan tidak memperlihatkan kelainan apapun pada pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan USG. Dengan pemeriksaan laparoskopi seringkali baru dapat diketahui bahwa ternyata penyebab terjadinya gangguan kesuburan tersebut adalah akibat adanya endometriosis. Pemeriksan USG transvagina juga tidak dapat digunakan untuk menegakkan diagnosis endometriosis.

Untuk mengetahui secara pasti, kami menyarankan agar Ibu mengunjungi dokter spesialis obstetri dan ginekologi. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Migren
Sakit Kepala Sebelah
Vagina Gatal