klikdokter.com
Senin, 28 Juli 2014

Flek Setelah Melahirkan

salam Dok, begini Dok.. Istri saya melahirkan anak ke-3 3 bulan yang lalu, tp sampai sekarang kadang dalam 5 hari atau 1 minggu sekali masih keluar flek/ bercak darah. Hal seperti ini jg pernah terjadi waktu istri saya habis melahirkan anak pertama dan kedua. Terakhir keluar darah berwarna agak orange. Pertanyaan saya, itu normal kah Dok? apakah aman untuk saya dan istri saya berhubungan suami istri saat masih dalam kondisi sepert itu? terima kasih. salam.



Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluarnya lokia (darah nifas) terdiri dari beberapa tahap, awalnya berwarna merah terang, kemudian akan berubah menjadi merah muda dan coklat setelah beberapa hari. Beberapa minggu kemudian, warna lokia makin terang dan terlihat kekuningan atau bahkan bening. Pada beberapa perempuan (13%), lokia dapat keluar sampai 60 hari setelah melahirkan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perdarahan vagina yang berkelanjutan. Sisa produk kehamilan di dalam rahim, kelainan perdarahan, atau efek samping suntik KB. Perdarahan yang tidak teratur tersebut  dapat disebabkan kadar hormon yang belum stabil. Menyusui ASI juga memperlambat terjadinya stabilisasi ini. Lama keluarnya lokia juga lebih lama pada perempuan yang baru memiliki anak pertama atau dengan bayi yang besar. Untuk mengetahui secara pasti, perlu dilakukan pemeriksaan medis yang lengkap (laboratorium darah, kadar hormon) dan kemungkinan USG. Karena itu konsultasikanlah dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani Ibu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Konsumsi Orlistat pada DM Tipe I
Pola Konsumsi Obat Maag
Anak Sulit Makan