klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register

Gigi tumbuh di atas gusi

Dokter yang baik dan yang terhormat, saya mau tanya dok Mengenai gigi anak patah, yang sebelum nya. Dok ternyata Gigi anak saya mau tumbuh baru,tetapi tumbuh nya tidak sempurna, diatas yang gigi patah itu dok jadi di gusi atas, yang saya tanyakan dok 1.Apakah gigi baru yang tumbuh tidak di tempat nya dapat di cabut. 2.Untuk di cabut gigi yang baru tumbuh diatas gusi bolehkah di cabut sebelum gigi nya yang baru benar-benar keluar. 3.Apakah berbahaya gigi tumbuh diatas Gusi atas depan. Terimakasih dok.



Bapak yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.
Sayangnya Anda tidak menyebutkan usia anak Anda. Namun berdasarkan keterangan Anda, saya berasumsi bahwa gigi yang patah tersebut adalah gigi susu. Sementara gigi yang tumbuh baru tersebut adalah gigi permanen yang tumpang tindih dengan gigi susunya.

Jika asumsi saya benar, maka yang harus dicabut justru gigi susunya yang patah. Seperti yang mungkin Anda telah ketahui, gigi manusia memiliki 2 periode saja yaitu gigi susu (gigi yang pertama kali tumbuh) dan nantinya gigi susu akan digantikan oleh gigi permanen. Pergantian tersebut umumnya dimulai saat anak berusia kurang lebih 6 tahun. Dengan demikian, bukan gigi susu yang dipertahankan namun gigi permanennya.

Gigi yang tumbuh di luar lengkung rahang yang normal seperti yang Anda gambarkan dapat dirawat/diperbaiki posisinya. Namun perlu dipastikan dahulu apakah yang sebenarnya terjadi pada gigi anak Anda, agar dapat ditentukan rencana perawatan yang terbaik. Mengingat saya tidak melihat sendiri kondisi klinis anak Anda, sebaiknya segera periksakan anak Anda ke dokter gigi yang berpraktek di klinik atau rumah sakit didaerah tempat tinggal Anda.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. [MM]



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter