klikdokter.com
Rabu, 30 Juli 2014

gigi geraham bolong, dicabut masih bisa tumbuh lagi?

Saya mempunyai anak usia 8th saat ini memiliki gigi geraham yang bolong,apakah jika di cabut akan tumbuh lagi? kalo di tambal terus mau sampai kapan..



Bapak yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.
Gigi manusia memiliki dua periode yaitu gigi susu dan gigi permanen.Pada waktunya nanti gigi susu akan goyang, lalu tanggal dan akan digantikan oleh gigi permanen. Pada usia 6-12 tahun, anak sedang berada pada periode gigi bercampur yaitu sudah ada gigi permanen yang tumbuh namun masih ada gigi susu yang belum tanggal. Berhubung anak Anda berusia 8 tahun maka perlu dipastikan dulu apakah gigi yang berlubang tersebut adalah gigi geraham susu atau permanen. Jika gigi tersebut adalah gigi susu maka apabila dicabut akan tumbuh gigi permanen penggantinya selama benihnya memang ada dan tidak terhalang (posisi normal). Namun apabila gigi susu tersebut sebetulnya belum waktunya tanggal dan masih bisa dipertahankan maka sebaiknya tidak dicabut, tapi dilakukan perawatan untuk mempertahankannya berada di dalam mulut. Gigi susu yang tanggal sebelum waktunya akan menyebabkan gigi permanen kehilangan panduan arah untuk erupsi.

Sebaliknya, jika gigi yang berlubang tersebut adalah gigi permanen, maka gigi itu harus dipertahankan sebisa mungkin kecuali jika memang kondisinya sudah tidak mungkin lagi untuk dirawat. Penambalan yang dilakukan dengan baik dan sesuai prosedur dapat bertahan lama di dalam mulut, apalagi dibantu dengan penjagaan kebersihan mulut yang baik. Segera konsultasikan anak Anda ke dokter gigi yang berpraktek di klinik atau rumah sakit di daerah tempat tinggal Anda.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. [MM]

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Cedera daerah Tempurung Lutut
Keluar Darah dari Mulut
Cairan di Penis