klikdokter.com
Kamis, 28 Agustus 2014
<

Mata Anak

Selamat siang Dok. Dok anak saya laki2 umur 21 bln, berat 12kg. Dia sangat lincah,dan sudah cukup lancar bicaranya. Sudah bisa mengidentifikasi seluruh anggota keluarga, mengidentifikasi seluruh anggota tubuhnya, mengidentifikasi lebih dari 20 macam bintang & buah baik melalui gambar ataupun audio visual. Yang menjadi perhatian saya akhir2 ini, adalah dia sering berkedip ( tetapi tidak setiap saat) hanya ketika dia diminta menjawab atau memperhatikan sesuatu. Pernah saya mencoba untuk menghitung berapa banyak dia berkedip. Belum 5 detik sudah leibih dari 10x kedip. Ketika kakak melihat, dia bilang anak saya cacingan. saya coba searching tentang cacingan tapi tidak ada satupun indikasi ke sana. Pertanyaan saya: 1. Mengapa anak saya sering berkedip dok? apakah itu sebagai bentuk pengalihan atau apa? 2. Apakah benar anak saya cacingan? kalau benar, apakah sdh boleh anak saya diberi obat cacing dok? Terima kasih atas jawaban dokter.



Ibu/saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Adakah keluhan lain yang dirasakan? Adakah mata berair atau gatal atau mata merah atau kotoran mata? Apa saja yang menyebabkan mata anak Anda berkedip?

Mengedipkan mata adalah refleks akibat mata kering dengan tujuan untuk melembabkan mata. Sedangkan silau karena terkena cahaya merupakan hal yang normal sejauh tidak berlebihan (cahaya sedikit atau remang pun silau). Banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada anak dengan keluhan seperti yang ibu gambarkan, diantaranya adalah alergi, infeksi, mata kering, terlalu banyak berada di ruang berAC, dan lain-lain. Seandainya memang keluhan ini mengganggu dan membuat ketidaknyamanan pada anak ibu, maka memang sebaiknya ibu membawa anak ibu berkonsultasi ke dokter mata.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
ASI
HIV/AIDS
Bercak Merah