klikdokter.com
Jumat, 25 Juli 2014

Imunisasi terlambat

Dear Dokter, Anak saya 15 bulan, sudah diimunisasi hepatitis B di usia 0 dan 1 bulan, tapi belum diimunisasi hep-B yang ke 3 kalinya ( karena kesibukan sehingga terlupakan ). Namun imunisasi wajib lainnya sudah lengkap. Yang ingin saya tanyakan, apakah imunisasi hep-B ke 3 dilanjutkan saja atau harus diulangi dari awal? ( mengingat waktu tenggangnya sudah terlalu lama) Apakah kondisinya sekarang masih imun terhadap penyakit hep-B? Terima kasih atas jawabannya. (Wanita, 27 thn, 165 cm, 52 kg)



Ibu / Saudari yang Terhormat,

Jadwal Imunisasi di Indonesia berdasarkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Imunisasi dasar Hepatitis B memang seharusnya diberikan sebanyak 3 kali pada usia 0, 1, dan 3-6 bulan. Hepatitis B yang ke-4 dilakukan pada saat anak berusia 10 tahun.

Apabila tertunda maka silakan Ibu lanjutkan saja sesuai jadwal yang tertunda dan tidak perlu diulang dari awal. Kekebalan yang akan didapatkan memang kurang optimal namun tidak akan terlalu jauh berbeda. Sel memori kekebalan yang sudah didapatkan pada imunisasi yang pertama dan kedua akan merangsang kekebalan apabila diberikan imunisasi berikutnya. Jadi silakan Ibu datang ke dokter spesialis Anak atau ke pusat kesehatan yang biasa Ibu datangi dan lakukan imunisasi Hepatitis B anak Ibu yang tertunda. Semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Hidung terasa berat dan nyeri
Caries gigi
Dispepsia dan prostat