klikdokter.com
Jumat, 25 Juli 2014

Nyeri dan Sesak Dada

dok, keluhan saya sesak nafas , dada terasa tidak nyaman ; semua ini diawali pada saat saya kehujanan seluruh pakaian saya basah hingga 2 jam lebih saya baru nyampe rumah , dan pada saat saya mandi , seluruh tubuh saya terasa pegal semua , keesokan harinya saya coba untuk berolahraga dengan mengangkat beban barbel , pada saat mengangkat dengan tangan kiri , tiba2 otot saya bergerak dari lengan hingga dada ,lalu terasa nyeri sejenak , keesokan harinya dada bagian atas dekat lengan kiri saya tulang dadanya kalo di tekan terasa nyeri , semua itu berlanjut smpai sekarang , tapi nyerinya sudah agak mendingan, setelah itu saya mengalami sesak nafas, perasaan cemas ,kadang hilang , kadang datang dibagian dada kiri serasa ada angin yg lewat bergerak . , yg membuat saya cemas adalah jantung berdebar ketika dari keadaan diam terus beranjak bergerak , namun denyutnya masih normal 60-100 permenit , sebenarnya apa yg saya rasakan saat ini dok , pada saat tidur malam perasaan kadang nyaman , kadang pula gelisah ,semua hilang pada saat saya sedang bermain bersama teman , mohon bimbingannya dok ,, terima kasih ctatan : waktu SMA saya memang dlu ada penyakit sesak nafas , tpi sembuh



Bapak/saudara yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


Nyeri dada dan sesak napas dapat terjadi karena beberapa hal, baik organik maupun psikis. Organik disini berarti terdapatnya kelainan organ seperti jantung atau paru. Psikis dalam hal ini berarti terdapatnya suatu pemicu emosi atau stress yang sangat berat sehingga menimbulkan gejala klinis seperti sesak dan nyeri dada, hal ini disebut juga dengan psikosomatis. Namun tentunya diagnosis psikosomatis baru ditegakkan apabila memang telah terbukti secara klinis tidak terdapat kelainan organ.

Apabila keluhan terus berlanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan apabila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang untuk evaluasi secara holistik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Keguguran Atau Tidak
Berat Badan Susah Naik
Penis Gatal