A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 282

Kista Ovarium - Tanya Dokter
klikdokter.com
Minggu, 31 Agustus 2014
<

Kista Ovarium

Dear Dokter, Saya seorang karyawati yang didiagnosa menderita kista ovarium. kista tersbut ada dua berdasarkan hasil pemeriksaan november 2011,dibagian kiri serta kanan dengan diameter 7.3cm dan 6.5cm. pertama kali terdeteksi menderita kista ditahun 2008 kista hanya satu,diameter 4.8 cm. saat itu saya langsung down sehingga tidak melanjutkan pemeriksaan kembali. dilakukan pemeriksaan ulang dijanuari 2011,karena sakit dan nyerinya bukan lagi saat haid tapi saat tidak haidpun sdh terasa nyeri disertai perut kembung dan agak membesar sehingga lebih sering mual-mual seperti halnya orang hamil,padahal saya belum menikah. Akhirnya disarankan kembali berkonsultasi ke dokter kandungan oleh pihak keluarga,hasil usg saat itu kista dideteksi menjadi dua. Dokter setempat menyarankan agar dilakukan pengangkatan kista tp tidak memvonis harus,malah dianjurkan untuk melakukan terapy herbal terlebih dulu. Hasil y perut sdh tidak lagi membesar dan saya kembali normal,hanya saja saat haid masih merasakan nyeri yg hebat. Saat dilakukan pemeriksaan usg ulang diameter tidak berubah hanya saja saya agak melihat ada sdikit perubahan pada hasil cetak laporan usg saya,usg diawal tahun 2011 kista terlihat kehitaman sedang hasil cetak nov 2011 kista terlihat tidak terlihat hitam malah warna y sdh agak pudar,dengan garis putih dibeberapa bagian seperti robekan panjang. Saya ingin tahu mengenai masalah ini serta solusi tepatnya terima-kasih



Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru.

 

Untuk penanganan yang tepat bagi anda sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter yang menangani anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

Ditulis oleh:

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Pasca Pencabutan Gigi
Pasca Operasi Cesar
Penggunaan Pil KB