klikdokter.com
Senin, 22 September 2014
<

PJK

dok yang ingin sy tanyakan : 1. seberapa akurat hasil ekg biasa ? 2. untuk test jantung selanjutnya lebih baik treadmill atau echo ? 3. apakah di usia 31 bisa terkena serangan jantung ? 4. seberapa parah biasanya penyekit jantung koroner pada usia 31. trims



Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

EKG (Elektrokardiografi) merupakan pemeriksaan dasar untuk mengetahui kelainan pada jantung yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Untuk kasus penyumbatan, EKG dapat mendeteksi bila ada iskemia otot jantung (kekurangan oksigen) ataupun infark otot jantung (kematian otot jantung) yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Dengan EKG treadmill, sensitivitas dan spesifisitas untuk mendeteksi kelainan sumbatan kira-kira 75-85%. Hal tersebut menandakan bahwa ada sebagian kelainan sumbatan yang bisa lolos atau tidak terdeteksi dengan EKG, sehingga diperlukan pemeriksaan lain . Apabila dari EKG ditemukan adanya kelainan, maka dianjurkan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan laboratorium (untuk melihat faktor risiko), treadmill, echocargiography (ECG), dan arteriografi koroner apabila diperlukan.

 

PJK dapat menyerang pada usia pertengahan, mulai dari usia 30 tahun ke atas.apalagi seseorang yang memiliki faktor resiko PJK seperti :

  • Merokok, berapapun jumlahnya
  • Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi
  • Hipertensi
  • Kadar kolesterol HDL yang rendah
  • Diabetes Mellitus
  • Usia lanjut

Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan keadaan dimana terdapat plak yang menyumbat di dalam pembuluh darah arteri. Hal ini menyebabkan suplai darah ke jantung berkurang dan menimbulkan kematian atau gangguan sel otot dan jantung dan berakibat timbulnya keluhan nyeri dada atau sesak.

Keluhan nyeri dada dari PJK atau disebut nyeri dada iskemik pun memiliki karakteristik tertentu, yaitu nyeri dada seperti ditekan benda berat, ditusuk, panas; menjalar ke leher, lengan kiri, rahang, atau menembus punggung; berlangsung > 20 menit; terjadi saat aktivitas berat; dan memiliki gejala sistemik seperti keringat dingin dan mual.

Untuk lengkapnya anda dapat membaca artikel PJk yang telah kami sediakan : Penyakit Jantung Koroner

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan ,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Nyeri Rusuk Kiri
Sariawan
Tumbuh Kembang Anak