klikdokter.com
Selasa, 29 Juli 2014

Sesak di Ulu Hati

selamat pagi dok, dok saya mengalami gejala perut kembung, ulu hati terasa sesak dan panas,sering buang angin dan buang air besar selain itu punggung dibelakang ulu hati dan perut tersa sakit atau pegal. gejalah tersebut telah saya alami selama 6 bulan semakin lama samakin terasa berat. Saya sudah beberapa kali mengunjungi dokter speseialis dan dinyatakan asam lambung tetapi sampai sekarang belum terasa adanya perbaikan kondisi saya, dok apakah kasus saya ini bisa merupakan kasus usus ? gejala saya sudah 6 bulan, sakit terasa di ulu hati (paling sering) kadang di bagian lain tapi sifatnya hanya sebentar (sekitar 5 menit), saya sering mengkonsumni cabai dan makanan berlemak, saya bukan perokok dan tidak minum minuman beralkohol, nyeri dan kembung perut hampir sepanjang hari. Saya sudah USG dan dijelaskan kadar asam lambung saya sedikit lebih tinggi. apakah ciri-ciri diatas bisa mengarah ke kanker usus dok ?



Bapak/saudara yang terhormat

terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Bagaimana dengan pola kehidupan Anda? Apakah Anda cukup berisitirahat? Apakah Anda rutin berolah raga? Bagaimana dengan beban pekerjaan Anda? Bagaimana pola makan Anda dan asupan makanan Anda?

Keluhan-keluhan yang anda alami menggambarkan adanya gangguan pada saluran pencernaan anda.dalam dunia kedokteran keluhan yang anda rasakan merupakan gejala dari sindrom dispepsia.

Dispepsia adalah nyeri atau gangguan tidak spesifik yang terjadi di daerah perut bagian tengah. Nyeri dapat hilang timbul, namun biasa nya terus-menurus. Semua orang dalam hidupnya pasti pernah mengalami nyeri atau gangguan ini. Tidak ada perbedaan jenis kelamin, laki-laki maupun perempuan dapat mengalami hal ini. Satu diantara 4 orang pasti mengalami hal ini. Di bawah ini beberapa gejala yang sering terjadi:
  • Nyeri dan rasa panas di daerah lambung (ulu hati)
  • Rasa penuh di perut bagian atas
  • Kembung
  • Rasa panas di daerah dada
  • Mual
  • Muntah
  • Sering bersendawa

Untuk mengatasinya anda dapat mencoba dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut.

 

Apabila penyakit yang Anda rasakan telah berlangsung dalam waktu yang lama, kami sarankan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan penyebab pasti dari keluhan yang Anda alami. Dokter untuk wawancara medis dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 


 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Penis Bengkak
Gatal Selangkangan
Hamilkah?