klikdokter.com
Rabu, 23 Juli 2014

Membentuk Badan

Dokter, saya remaja 14 tahun. Rangka tubuh saya sangatlah kecil dok. Selain itu, kalau dipegang dagingnya lembek sekali. Saya lagi rutin 1x 2 hari ngangkat barbel 5kg dua buah. Apa ada gak solusi tentang rangka tubuh ini dok? Atau ngangkat barbel itu sudah bagus untuk pertumbuhan otot?



Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Remaja yang berolahraga perlu mengingat satu hal yang penting, yaitu nutrisi yang cukup. Makanan menjadi bahan bakar tubuh, karena itu tubuh akan menjadi lebih baik dengan makanan yang bersih dan bernutrisi. Yang dimaksud makanan dengan nutrisi yang baik adalah kombinasi karbohidrat (nasi, roti), buah-buahan, sayuran - protein dan lemak.

Program pembentukan otot pada remaja sebaiknya fokus pada latihan seluruh tubuh (full body), bukan pada pembentukan otot-otot tertentu. Lakukan latihan seperti berlari, renang, push up, sit up 3x seminggu. Angkat barbel yang tidak terlalu berat juga dapat dilakukan. Cara yang paling mudah untuk berolahraga dan membentuk otot adalah bergabung dengan klub-klub olahraga, seperti renang, bulu tangkis, sepak bola, basket, dll. Latihan dalam klub olahraga tersebut sudah standar, sehingga kita tinggal mengikuti.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.Bisa juga ditambah dengan olahraga yang bersifat pembentukan seperti push up,sit up,dan angkat beban.

  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma

  • Memperbanyak minum air putih.

Tapi dengan catatan tidak mempunyai penyakit-penyakit lain  seperti ada masalah gangguan tiroid , gangguan metabolisme glukosa dan penyakit kronis lain.Untuk mengatur menu dan menjaga stabilitas peningkatan berat badan, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter ahli gizi secara langsung. Hal ini disebabkan karena mengatur menu untuk peningkatan berat badan membutuhkan perhitungan dan banyak pertimbangan sesuai dengan kondisi masing-masing individual.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 Tim Redaksi Klikdokter





 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Gatal-Gatal
Gondongan
Bercak Merah Di Badan