klikdokter.com
Minggu, 31 Agustus 2014
<

Bintitan

Selamat sore dokter, Saya menderita bintitan di kelopak mata atas sebelah kiri selama hampir satu bulan. dokter mendiagnosa bahwa mata saya kena infeksi dan diberikan obat Amoxicilin dan obat tetes Cendo. namun bintitan tidak kunjung hilang dan sekarang sudah tidak ada rasa sakit lagi, tapi bintitan itu tetap ada seperti jerawat yang tidak pecah. yang saya tanyakan: 1. Adakah obat alternatif/obat herbal untuk menobati bintitan yang sudah mengeras? 2. tindakan apa yang seharusnya saya lakukan sekarang? 3. Jika memang harus operasi, berapa kisaran biayanya dok? Terima kasih.



Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah setia menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 
Hordeolum atau yang di Indonesia dikenal sebagai “bintitan”, adalah infeksi pada kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata. Biasanya hordeolum ini berisi nanah. Bila bertambah besar, akan menyebabkan sulit untuk melihat jelas, karena tidak dapat membuka mata secara optimal.
 
Lebih dari satu hordeolum dapat terjadi dalam satu waktu, yang disebabkan karena peradangan yang meluas di kelopak mata, sebuah kondisi yang disebut blefaritis. Hordeolum biasanya akan sembuh sendiri secara spontan dan sementara itu dapat diberi kompres hangat.
 
Kami berusaha menjawab pertanyaan Anda satu per satu.
 
1. Adakah obat alternatif/obat herbal untuk menobati bintitan yang sudah mengeras?
Untuk mempercepat peradangan kelenjar dapat dapat diberikan kompres hangat, 4 kali sehari selama 10 menit sampai nanah keluar. Pengangkatan bulu mata dapat memberikan jalan untuk penyerapan nanah. Diberi antibiotik lokal terutama bila berbakat berulang atau terjadinya pembesaran kelenjar aurikel.
 
Biasanya tidak diperlukan antibiotik oral bila tidak terjadi peradangan menyeluruh di kelopak mata. Namun bila terjadi, dapat diberikan eritromisin 250 mg atau 125-250 mg diklosasilin 4 kali sehari, dapat juga diberi tetrasiklin. Bila terdapat infeksi stafilokokus di bagian tubuh lain maka sebaiknya diobati juga bersama-sama. Pada nanah dan kantong nanah yang tidak dapat keluar, dilakukan penyayatan untuk mengeluarkan nanah.
 
2. tindakan apa yang seharusnya saya lakukan sekarang?
Sebagian besar hordeolum akan sembuh sendiri, tidak berbahaya bagi mata dan tidak mengganggu penglihatan. Namun, Anda dapat kembali pergi ke dokter (spesialis mata, SpM.)bila ditemukan salah satu dari masalah di bawah ini:
  • Mengganggu penglihatan anda
  • Terlalu sering terjadi
  • Tidak hilang dengan sendirinya
  • Tidak memberikan respon dengan pengobatan sendiri
3. Jika memang harus operasi, berapa kisaran biayanya dok?
Biaya sangat variatif dan tergantung pada institusi pelayanan kesehatan yang menyediakan. Kami persilahkan Anda untuk menggunakan fitur layanan Cari Dokter atau Cari Rumah Sakit di Klikdokter.com.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter
 

dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Pentingnya Sarapan
Mata Anak Bengkak
Alergi Susu Sapi