klikdokter.com
Rabu, 30 Juli 2014

Suara Perlahan Menghilang

Setiap saya berbicara, maka suara saya nyaris tak terdengar oleh orang lain meski jaraknya dekat. Semakin lama bersuara maka tenggorokan atau pita suara seakan mjd sempit dan terus menyempit shg suara itu mjd samar, hambar, dan hilang, dan jk dipaksakn berbicara maka tenggorokan akan terasa sakit, bahkan nafas mjd tidak teratur. Jk sudah begini, maka sy harus berhenti bicara. Saya merasa ada lendir yg mengganggu di tenggorokan yg muncul stlh 5 menit saya berbicara. Sebagai seorang pengajar dan pembicara di forum2 diskusi, saya merasa sangat tersiksa dgn kondisi tenggorokan atau pita suara spt ini. Jk ditilik ke belakang, saya mulai terjangkiti penyakit lendir spt ini sejak uusia 17 tahun. Padahal pd usia sebelumnya, suara saya biasa2 sj dan saya jarang berteriak-teriak. Mohon dgn hormat, Dokter membantu saya.



Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah setia menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Pada mereka yang memang menggunakan suara secara berlebihan, seperti, penyanyi profesional, guru, dosen, atau mereka yang sering berbicara dan menggunakan suara berlebihan dapat terjadi pembengkakan pita suara yang disebut sebagai nodul pita suara atau polip pita suara. Nodul pita suara biasanya terjadi pada kedua pita suara secara simetris. Keduanya biasa diketahui karena keluhan serak pada suara.
 
Atau suara serak juga dapat merupakan salah satu tanda pada penyakit kanker laring. Kami sertakan artikel yang berjudul: Serak Bertahap, Waspadai Kanker Laring.
 
Mengingat keterbatasan kami dalam memperoleh informasi lengkap dan melakukan pemeriksaan fisik, kami saranakn Anda segera mengunjungi dokter spesialis THT untuk wawncara medis mendetil dan pemeriksaan fisik lengkap untuk menentukan penanganan yang optimal. 
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter
 


 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Benjolan Payudara
Malam Pertama
Normalkah Berat Badan Saya?