klikdokter.com
Kamis, 21 Agustus 2014
<

Sesak Napas

Terimakasih klik dokter, dengan email ini saya ingin bertanya sudah 3hari ini istri saya mengeluh sasak nafas nya di terasa di dada sebelah kanan tinggi istri saya 65 berat badan nya 90kg, memang istri saya ada riwayat hypertensi tensi terakhir 170 / 100, karena sakit gigi n ga bisa tidur menyebabkan tensi darah nya naik, sekarang suka sasak nafas dada sebelah kanan,sudah konsul ke dokter ahli jantung di rekam jantung tidak ada masalah. Pertanyaan : 1. Apakah benar sesak nafas tersebut penyebab dari hypertensi 2.Apakah itu gejala penyakit Jantung 3.Apakah Paru2 nya sedang masalah Terimaksih dokter saya tunggu jawaban nya



Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Dari pemaparan informasi yang ada mengenai tensi darah istri Anda (170/100) berada dalam kategori hipertensi tingkat 2 (hipertensi sedang). Berikut kami lampirkan keterangan data kategori yang ada:

Klasifikasi Hipertensi menurut WHO

 

Kategori

Sistol (mmHg)

Diastol (mmHg)

Optimal

< 120

< 80

Normal

< 130

< 85

Tingkat 1 (hipertensi ringan)

140-159

90-99

Sub grup : perbatasan

140-149

90-94

Tingkat 2 (hipertensi sedang)

160-179

100-109

Tingkat 3 (hipertensi berat)

≥ 180

≥ 110

Hipertensi sistol terisolasi

≥ 140

< 90

Sub grup : perbatasan

140-149

< 90

 

Keluhan sesak nafas berkaitan dengan saluran pernapasan dan sistem persarafan, dapat juga berkaitan dengan sistem kardiovasuler (jantung) atau sistem pencernaan. Untuk mengetahui lebih lanjut, diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan. 

Nyeri yang dada istri Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis. Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Karena kendala jarak yang ada, kami tidak dapat menelusuri lebih jauh mengenai keluhan istri Anda, sehingga pun kami tidak dapat melakukan prognosis lebih lanjut untuk keluhan istri Anda. 

Namun untuk mengetahui penyabab dari nyeri dada yang istri Anda rasakan diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah (Sp.JP) bila keluhan dirasa sangat mengganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Penyakit Jantungkah?
Demam Pasca Imunisasi
Emfisema