A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 282

Hasil USG Berbeda - Tanya Dokter
klikdokter.com
Senin, 01 September 2014
<

Hasil USG Berbeda

Hallo Dokter, Alhamdulillah saat ini menurut hasil tespack saya positif hamil. Namun ada hal yang ingin saya tanyakan perihal perhitungan umur kehamilan saya. Pertama: Saya mengunjungi dokter A pd tgl 28 Jan dan berdasarkan hasil USG terlihat bahwa sudah ada kantong janin sebesar 6mm dan setelah saya memberitahukan bahwa haid terakhir saya dimulai tgl 12 Des dan saya memiliki siklus haid 40 hari, beliau memberitahukan bahwa umur kehamilan saya adalah 6 minggu. Keesokannya saya mengunjungi dokter lain dan alangkah terkejutnya saya dikarenakan hasil USG dokter tersebut tidak memperlihatkan apa2. Ada lingkaran tapi tidak hitam sebagaimana di hasil USG di dokter pertama, sehingga dokter kedua ini belum berani mengatakan bahwa saya hamil dan bahkan menyatakan kemungkinan hamil di luar kandungan. Dan setelah menanyakan hari pertama haid terakhir saya dan menanyakan periode menstruasi saya, beliau menyatakan bahwa kalaupun hamil, usia kandungan saya baru 3 minggu. Perlu dokter ketahui, memang periode menstruasi saya adalah 40 hari dan masa subur saya (dari ovutest) selalu jatuh di hari ke-27 atau 28 setelah haid pertama saya. Pertanyaan saya: 1. Mengapa hasil kedua USG (dr pertama & kedua) bisa berbeda? 2. Bagaimana sebenarnya menghitung usia kehamilan dengan periode menstruasi panjang (40 hari) seperti saya ini? Mohon penjelasan dari dokter. Terima kasih banyak.



Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

1.Hasil USG bisa saja berbeda antar dokter ahli kandungan karena tergantung dari beberapa aspek. Diantaranya adalah pengalaman, pengetahuan dan jenis alat yang digunakan.

2.Perhitungan kehamilan memang dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu melalui perhitungan manual dengan hari pertama haid terakhir (HPHT) dan perhitungan melalui Pemeriksaan USG janin. Perhitungan melalui HPHT hanya dapat dipercaya apabila siklus menstruasi Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Perhitungan HPHT juga umumnya lebih dapat dipercaya pada trimester pertama perkembangan janin dikarenakan pemeriksaan USG yang belum adekuat. Kekurangannya adalah ibu seringkali lupa akan kepastian tanggal hari pertama mengalami haid terakhir sebelum hamil, sehingga perhitungan ini tidak jarang meleset dari usia kehamilan sebenarnya.

Apabila sudah memasuki trimester ketiga. Perhitungan usia kehamilan lebih baik dilakukan melalui pemeriksaan USG. Hal ini dikarenakan pemeriksaan USG pada trimester ketiga sudah lebih baik dan lebih akurat karena ukuran janin yang sudah cukup besar.

Teori di atas pun telah dibuktikan melalui penelitian. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya. Meski demikian, perlu diingat bahwa hasil tersebut pun memiliki kemungkinan kesalahan (meski tidak terlalu besar), mengingat sifatnya yang operator-dependen (bergantung pada operator/pemeriksa).

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim redaksi Klikdokter

Ditulis oleh:

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Penis Bengkok
Menggigil
Ingus Bau