klikdokter.com
Sabtu, 23 Agustus 2014
<

Imunisasi Campak

Dok saya mau tny mengenai imunisasi.anak sy saat ini sudah berumur 18bln smua imunisasi sdh dilakukan hanya saja wktu ingin imunisasi campak terlambat karna dia sdh mengidap terlebih dahulu sblm diimunisasi.nah pertanyaan sy kapan ank sy mengulang imunisasi kembali karna dokter yg biasa sy kunjungi tidak memberikan informasi kpn saya hrs kembali utk imunisasi ulang dan utk pemberian imunisasi cacar air bisa tdk dilakukan anak sy dgn usianya skrang?kemungkinan stelah divaksin cacar air nanti dewasa dia bakal mengidap cacar air tidak dok?terima kasih atas jawabannya dokter.



Ibu/saudari yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Seseorang yang sudah pernah menderita campak akan mendapatkan kekebalan seumur hidup terhadap penyakit ini, karena itu jika anak anda sudah pernah menderita campak, anda tidak perlu memberikan imunisasi campak yang tertinggal kepada anak anda .

 

Untuk mencegah cacar air memang benar dapat diberikan suatu vaksin cacar (vaksin varicela). Biasanya vaksin ini diberikan kepada orang yang belum pernah mendapatkan vaksinasi cacar air dan memiliki risiko tinggi mengalami komplikasi (misal, anak dengan gangguan sistem kekebalan). Vaksin cacar dosis pertama dapat diberikan kepada anak yang berusia 12-18 bulan dan dosis kedua dapat diberikan saat anak berusia 4 sampai 6 tahun. Anak yang sudah pernah terinfeksi cacar air tidak perlu diberikan vaksin ini. Vaksin ini dapat mencegah cacar air 70% sampai 90% tergantung respon imun yang dihasilkan oleh anak saat diberikan vaksin ini. Proteksi jangka panjang dari penggunan vaksin ini masih belum dapat diketahui. Sekitar 1% hingga 2% anak yang telah mendapatkan imunisasi ini tetap menderita cacar air, tetapi biasanya gejala yang timbul akan lebih ringan. Vaksin ini sebaiknya tidak diberikan pada anak yang alergi terhadap gelatin dan neomisin. Disamping itu, anak yang memiliki gangguan imun juga sebaiknya perlu mendapatkan pemeriksaan khusus dari dokter sebelum mendapatkan vaksin ini.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Pipi Bengkak
Sakit Pinggang
Sakit Kepala