klikdokter.com
Minggu, 24 Agustus 2014
<

Benjolan Pada Lengan

saya laki-laki berusia 34 tahun, beberapa tahun yang lalu ada benjolan kecil di lengan kanan saya (antara siku dan pergelangan tangan) karena benjolan tersebut tidak sakit bahkan jika di tekan sekalipun dan kebetulan ayah saya juga seperti itu jadi saya membiarkannya saja. belakangan benjolan yang serupa juga muncul di tangan sebelah kiri di tempat yang hampir sama dengan tangan kanan dan kini jumlahnya sudah ada 6 buah, yang saya ingin tanyakan apakah ini normal atau memang harus di lakukan tindakan medis terhadap benjolan2 tersebut? terimakasih



Bapak/saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran dan kegelisahan hati Anda. Semua benjolan dalam dunia kedokteran disebut dengan tumor. Tumor dibedakan lagi menjadi tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Untuk membedakannya, Anda harus memeriksakan diri ke dokter segera, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak. Selain itu, mungkin diperlukan juga untuk biopsi benjolan untuk memastikan benjolan tersebut ganas atau tidak. Biopsi adalah mengambil sebagian atau seluruh benjolan lalu diperiksa di bawah mikroskop untuk membedakan tumor ganas atau jinak.Untuk mendiagnosis benjolan diperlukan pemeriksaan fisik yang mendetil untuk mengetahui penyebab dasarnya. Antara lain perlu kami ketahui, jumlah, ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat, dll.Benjolan tersebut juga perlu diidentifikasi melalui pemeriksaan langsung.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter agar dokter atau dokter spesialis bedah dapat melakukan pemeriksaan fisik. Setelah kondisi Anda ditentukan maka Anda dapat memperoleh penanganan yang sesuai.


Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu

Salam

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Pemberian ASI
Testis Anak Belum Turun
Betis Sakit