klikdokter.com
Sabtu, 23 Agustus 2014
<

Puting Susu Terbelah

dok, adik saya sekarang berumur 16 tahun dengan tinggi badan 168 dan berat badan 63kg.. dia mengeluhkan bahwa puting payudaranya menjadi warana hitam dan seperti membelah, selain itu daerah sekitar puting payudaranya juga tidak kunjung melebar dan juga tidak menonjol seperti puting payudara pada umumnya. apakah ada kelainan atau penyakit mengenai itu?? puting payudara nya apakah msih bisa berkembang?



Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih atas pertanyaannya
Sebelum menjawab, terdapat beberapa pertanyaan yang harus dikonfirmasi terlebih dahulu:

  1. Apakah bentuk puting terbelah ini terdapat pada kedua payudara Anda atau hanya pada satu payudara?
  2. Apakah selain puting terbelah dan masuk ke dalam terdapat keluhan lain pada payudara anda? seperti keluar cairan, benjolan, gatal/nyeri, kulit payudara tertarik ke dalam, dsb?
  3. Apakah terdapat kelainan pada bentuk payudara anda?
  4. Apakah puting susu/payudara anda pernah terluka sebelumnya?

Apabila tidak terdapat keluhan/kelainan lain, maka Saya menduga bahwa bentuk puting Anda hanyalah merupakan salah satu variasi normal dari bentuk puting susu pada payudara wanita.

Variasi normal bentuk puting susu pada payudara wanita umumnya tidak mengganggu fungsi menyusui. Apabila pada saatnya nanti Anda akan menyusui dan puting Anda masih tenggelam, dapat dilakukan penarikan secara perlahan dengan tangan agar puting Anda keluar.

Untuk mengetahui dengan pasti apakah bentuk puting susu Anda dapat berubah harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Tindakan yang umumnya dilakukan untuk merubah bentuk puting susu adalah dengan cara operasi. Saya menyarankan kepada anda untuk berobat ke dokter spesialis bedah/spesialis bedah plastik untuk memastikannya. Apabila bentuk puting Anda hanya merupakan variasi normal, maka hal tersebut normal dan tidak akan mengganggu fungsi Anda sebagai seorang wanita. Demikian penjelasan saya. Semoga dapat dipahami.

Terima Kasih

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Penggunaan Kondom
Vitamin Dalam Kehamilan
Obat Herbal