klikdokter.com
Jumat, 25 April 2014
Login | Register

Gerd atau Sakit Jantung

Salam kenal dok. Dokter saya sangat perlu sekali informasi tentang sebuah penyakit dengan ciri-ciri; nyeri/perih lambung yang disertai dengan sesak nafas setelah nya. Ayah saya sudah dua kali masuk IGD dengan keluhan awal adalah nyeri dan perih di lambung nya yang kemudian disertai juga dengan sesak nafas. Saat beliau masuk IGD pertama kali dokter jaga IGD memberitahu keluarga saya bahwa ayah saya mengalami gangguan jantung dan di sarankan untuk masuk ICU namun karena kami ada kendala biaya, maka kami minta untuk rawat jalan. Awalnya ayah saya memeriksakan diri ke dokter jantung namun dari dokter jantung di rujuk ke poli paru setelah mengkonsumsi obat selama 4 minggu, beberapa hari lalu ayah saya mengeluhkan perih dan nyeri lambung lagi selama dua hari, sudah mengkonsumsi obat maag namun tidak ada perubahan di hari ketiga pagi hari masih mengalami perih di lambung namun pada sore hari nya mulai merasakan sesak nafas juga, dan kembali beliau dilarikan ke IGD di rumah sakit yang sama dan dengan dokter IGD yang sama, analisa yang diberikan kembali pun sama, bahwa ayah saya mengalami ganguan jantung dan disarankan untuk masuk ICU. Masalah nya setelah mendapat treatment di IGD ayah saya jauh membaik dan dan yang saya herankan apa dengan treatment standar IGD ayah saya bisa langsung di analisa menderita kelainan jantung? Lalu indikasi apa yang dapat membedakan antara jantung atau penyakit GERD? Terimaksih



Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan.

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut. Apakah hal ini terjadi pada ayah Anda?

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll.

 

Masalah jantung dapat menyebabkan keluhan sakit dada, sesak napas, dada berdebar-debar, dan rasa mudah lelah bila beraktivitas. Keluhan sakit dada karena masalah jantung biasa muncul saat beraktivitas, rasa seperti ditekan benda berat, dan nyeri berkurang saat istirahat, sakit dapat menjalar ke leher, bahu, dan lengan kiri. Keluhan biasa disertai dengan sesak dan berdebar-debar.

 

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 


 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter