klikdokter.com
Kamis, 21 Agustus 2014
<

Kista dan Miom

salam kenal dok, saya ibu dari 1 putera (39th) 20 NOV 2010 saya ceasar anak pertama krn ada kista & miom , ternyata kista saya banyak dok, saya operasi dari jam 15.30-17.30, setelah operasi kt dokter yg membantu operasi miom saya tidak dioperasi krn menempel diotot rahim takut pendarahan hebat krn saya baru saja melahirkan/ceasar, sekitar bulan april'11 saya menstruasi banyak sekali dgn gumpalan darah banyak (blm pernah sebelumnya) dan sangat sakit perut , lalu saya kedokter ktnya itu pendarahan dan setelah di usg ada kista tp kecil, saya diberi obat menghentikan pendarahan transamin tranexamic acid 500mg & mefinal, setelah ke dokter itu 2 bulan berikutnya sampai sekarang setiap mentruasi saya mengalami hal yg sama (pendarahan & sakit) tp saya tidak kedokter hanya minum obat yg diberikan dokter wkt itu, dan menstruasi hanya 4 hari selesai, biasanya 1 minggu , yang ingin saya tanyakan : 1. sakit saya apa ya dok, kista apa krn miom itu ? 2. apa perlu operasi dok berhubung kista kecil, tunggu brp thn utk bisa operasi lagi pasca ceasar 2010 3. KB apa yang cocok utk kondisi saya skrg dok , krn saya tidak ingin punya anak hingga 5 thn kedepan 4. apa efek samping dari minum obat transamin tranexamic acid 500mg & mefinal,setiap bulan Mohon jawabannya dok,,, terimakasih banyak



Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

1.Sebelumnya, kami perlu memperjelas yang Anda maksudkan. Apakah kista ataukah mioma uteri yang Anda alami? Karena keduanya merupakan jenis penyakit yang berbeda.Apakah lokasi kista berada di dalam rahim? atau di organ reproduksi lain seperti ovarium (indung telur)? Apakah Ibu diberitahu mengenai jenis kista tersebut? Mioma, tumor fibroid, kista ovarium atau apa? Karena perbedaan mengenai jenis kista, ganas/jinak, dan lokasi tepat akan menentukan terapi.

 

2.Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri.

 

3.Bagi penderita kista endometriosis dan miom tetap boleh memakai alat kontrasepsi IUD untuk mencegah hamil tetapi lebih baik menggunakan jenis IUD yang mengandung hormon progesteron (IUD yang umum mengandung tembaga sebagai tambahan) supaya juga mempunyai efek mengecilkan kista dan miomnya disamping efek kontrasepsinya. Cara KB yang lain yangg cocok adalah dengan suntik KB jenis progesteron (suntik tiap 3 bulan) yang juga mempunyai efek pengobatan terhadap kista dan miom disamping efek kontrasepsinya. Selama kista endometriosis dan miom tidak menimbulkan keluhan yang mengganggu maka tidak perlu dioperasi, cukup dipantau keadaannya tiap 6 bulan, jika ada kecenderungan membesar maka sebaiknya di operasi. Jika terjadi kehamilan biasanya kista endometriosis cenderung mengecil tetapi miom justru cenderung membesar.Kami sarankan anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemilihan KB yang tepat untuk anda.

 

4.Efek samping dari 2 obat tersebut antara lain timbulnya gangguan saluran pencernaan.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter





 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Selalu Merasa Sakit
BAB Berdarah
Selalu Merasa Sakit Tapi Hasil Pem Normal