klikdokter.com
Rabu, 01 Oktober 2014
<

Efek KB Implant

DOK, istri sy sudah melepaskan kb inplannya sempai skrang sudah 2thn, tpi knapa smpai saat ini belum jga hamil, terus ada bidan yg menganjurkan untuk menjalani kb pil selama 2 bln, setelah itu berhenti ktanya bisa merangsang kehamilan, tpi belum jga berhasil, padahal kami sering melakukan hubungan suami istri, yg sy tnyakan apakah pengaruh dari kb inplan tersebut sehingga istri sy susah hamil....? dan apa yg harus kami lakukan agar istri sy cpat hamil



Bapak / Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestin umumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan.

Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun.

Pengembalian kesuburan setelah melepas implan Terjadi sekitar 1 bulan setelah kapsul diambil.

 

Mengenai susahnya anda mendapat momongan.Apakah sebelumnya istri anda pernah hamil sebelum memasang alat KB?Apakah anda pernah melakukan pemeriksaan kesuburan yg dasar pada anda dan pasangan anda?, seperti: analisa sperma suami, kondisi saluran telur (HSG) dan fungsi indung telur (hormonal basal).

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Obat Diare Saat Hamil
Ketoasidosis
Menunda Kehamilan