klikdokter.com
Minggu, 20 April 2014
Login | Register

Ari-ari di Bawah

Pakabar Dok.. Saya Mau Tanya.. Istri Saya Hamil denga Usia Kandungan 4 Bulan.. Kami sudah Periksa Ke Bidan Dengan Di USG..Dan Hasilnya Ari - Ari Kandungan Istri Saya Letak nya Di Bawah... Kalo Sampai Umur Persalinan nya Bisa Bisa Via Cesar.. Yang Saya Mau Tanyakan Dengan Umur KAndungan 4 Bulan Apa Bisa Letak Ari-Ari BErada Di Posisi Normal ( Berada DI Atas ).. Apa Ada Cara Untuk Menormalkan LEtak Ari-Ari Selagi Umur Kandungan Masih 4 Bulan Terima Kasih Dok.. Mohon Bimbingan Nya



Bapak/Saudara yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kondisi yang dialami oleh istri Anda, dalam dunia medis disebut dengan plasenta previa.

Plasenta Previa adalah suatu kondisi dalam kehamilan dimana plasenta  berada pada lokasi yang tidak seharusnya yaitu di segmen rahim bagian bawah atau dekat dengan jalan lahir meskipun perkembangan janin sudah memasuki triwulan ketiga.

Ibu yang memiliki plasenta previa memang harus ditangani secara ekstra hati-hati. Salah satu  komplikasi tersering yang dapat terjadi pada keadaan ini adalah bayi lahir prematur hingga terjadi perdarahan hebat pada ibu.

 

Berikut penanganan pada wanita dengan plasenta previa:

  1.  Evaluasi kondisi ibu dan janin setelah perdarahan terjadi
  2. Bedrest (istirahat) total
  3. Menghindari hubungan seksual sampai follow up USG menunjukkan  perpindahan plasenta ke tempat seharusnya
  4. Pemeriksaan USG teratur setiap 4 minggu
  5. Pasien dapat melakukan kegiatan sehari-hari namun tidak boleh berlebihan
  6. Kewaspadaan untuk terjadinya perdarahan lagi
  7. Perawatan di rumah sakit apabila terjadi perdarahan berulang atau sudah saatnya untuk melahirkan
  8. Operasi caesar

Pada awal-awal kehamilan memang letak plasenta dekat dengan jalan lahir, dan seiring dengan pertambahan usia kehamilan maka terjadi perkembangan janin dan pembesaran rahim yang dapat menyebabkan plasenta bergeser ke atas sehingga menempati lokasi plasenta yang seharusnya. Mengingat usia kehamilan istri Anda yang baru berusia 4 bulan, maka tetap ada kemungkinan terjadinya pergeseran lokasi plasenta hingga ke lokasi yang seharusnya. Yang harus Anda lakukan adalah kontrol rutin dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan istri Anda, sehingga kehamilan istri Anda selalu terpantau dengan baik dan Anda dapat mengkomunikasikan setiap perkembangan kehamilan istri Anda dengan baik pada dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

 



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter