klikdokter.com
Minggu, 24 Agustus 2014
<

Apakah Hamil?

saya sudah berhubungan seks dok, 1 hari yg lalu. tapi saya tidak mengharapakan adanya kehamilan. nah pada pagi hari setelah berhubungan seks saya merasa mual dan pusing.apakah saya hamil? apakah tanda kehamilan dapat diliat setelah hari pertama setelah berhubungan seks? bagaimana cara alami menggugurkan kandungan yg masi dini ? terimakasih mohon dibantu ya dok:)



Ibu /Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Bila terjadi kehamilan maka tidak akan terjadi menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih

  • pembesaran dan nyeri payudara

  • mual

  • perasaan lelah

  • daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

     

  • dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja. Dan bukan dalam bentuk perdarahan yang banyak.

 

 

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning 

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti.

Memang pemeriksaan test pack perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG. Hasil positif test pack memang sudah bisa didapatkan 8 hari setelah terjadinya pembuahan dan kadar hormon akan terus meningkat. Sedangkan kantung kehamilan (gestational sac) biasanya baru dapat terdeteksi oleh alat sekitar usia 4-5 minggu.

 

aborsi buatan/sengaja adalah tindakan yang bertentangan dengan hukum di negara Indonesia. Baik pelaksana (dokter atau tenaga medis lain) maupun orang tua yang melanggar dapat dikenakan tindak hukum pidana. Selain itu, selain bertentangan dengan agama, dokter juga mengucapkan sumpah kedokteran untuk menghargai kehidupan sejak terjadi pembuahan. Kami menyarankan agar janin yang sudah dikandung tetap dipertahankan karena meskipun masih berupa janin, ia adalah juga seorang individu yang berhak memiliki kehidupan

 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Haid Tidak Teratur dan Menurunkan Berat Badan
Jadwal Makan Bayi
Memilih Pasta Gigi untuk Anak