klikdokter.com
Minggu, 20 April 2014
Login | Register

Sembuh TBC?

Met siang dok, saya mau tanya-tanya tentang penyakit dalam kronoligis nya seperti ini : 20-12-2010 saya di diagnosa oleh dokter mengalami TB PARU Kanan hasil rotgen menerangkan bahwa : sinus2 dan diaphragma normal pulmo : - tampak terdapat infiltrat didaerah parahilar dan parakardial paru kanan hilus kanan menebal - paru kiri normal bentuk dan ukuran cor normal ; ctr < 50% kesan : TB PARU KANAN ====== Kemudian saya mulai berobat di dokter spesialis penyakit dalam, dan alhamdulilah berangsur pulih dan keadaan saya membaik. saya pun teratur check up dan berat badan saya pun bertambah hingga 10kg setelah itu dokter menyarankan saya untuk rotgen ulang dengan membawa surat rujukannya, ===== 26-10-2011 hasil rotgen menerangkan bahwa : dibandingkan dengan foto tgl 20-12-2010 ; tampak infiltrat berkurang. masih terdapat sedikit infiltrat di daerah suphilar dan parakardial paru kanan. paru kiri normal bentuk dan ukuran cor normal kesan : perbaikan ====== lalu saya membawa hasil tsb ke dokter lg, dan saya bertanya kepadanya apa saya harus melanjutkan minum obat hingga sembuh?? anehnya ia menjawab tidak perlu karena saya sudah sembuh, dan ia memberikan selamat pengobatan pun selesai. padahal dari hasil keterangan di atas "masih terdapat sedikit infiltrat di daerah suphilar dan parakardial paru kanan" ?? Apakah saya harus mencari dokter lain untuk melanjutkan pengobatan? Apakah kondisi saya ini sudah benar2 sembuh, dan tidak akan kambuh lagi? mohon bantu saya bagaimana saya seharusnya. terimakasih saya jadi bingung?? saya hanya ingin memastikan kodisi saya sekarang benar2 sembuh total Apakah paru kanan ini memang tidak akan benar2 normal bersih dok?? jika memang begitu hal ini akan menjadi hambatan untuk saya kedepanya, karena tes kesehatan pasti az untuk pekerjaan yg saya inginkan. mohon di jawab ya dok , dan jangan di expose.. terimaksih



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah Anda sudah menyelesaikan pengobatan TBC dalam beberapa waktu lamanya (6 bulan)? Berapa lama Anda sudah mengkonsumsi obat-obatan TBC?

Jika sudah, maka sangat mungkin Anda telah sembuh. Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan dahak ulangan?

Jika Anda merasa kurang yakin, maka Anda dapat meminta penjelasan dokter dan meminta pemeriksaan dahak serta meminta surat keterangan bahwa Anda telah sembuh dari TBC untuk keterangan pada saat pemeriksaan kesehatan pada saat bekerja.

Hasil rontgen penderita TBC memang masih dapat memberikan gambaran infiltrat, terkadang itu merupakan jaringan parut hasil penyembuhan. Yang perlu diperhatikan adalah kondisi klinis (apakah Anda masih batuk-batuk, demam, dll). Jika Anda sudah menyelesaikan pengobatan dan kondisi klinis Anda baik, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter