klikdokter.com
Sabtu, 02 Agustus 2014

Haid Tidak Keluar

Hai Dok, saya baru saja melahirkan anak pertama pada 2 April 2011 lalu. Setelah melahirkan dan lewat masa nifas, saya sempat haid pertama (setelah sekian lama tidak haid, karena hamil) pada tanggal 5 Juni. Yang mau saya tanyakan, mengapa saya tak kunjung haid lagi ya sampai bulan ini? Saya memang belum memasang alat kontrasepsi apapun dan mungkin belum mau memasangnya (karena saya dan suami memutuskan untuk berhubungan dengan menggunakan kondom) dan sudah pernah testpack hasilnya negatif (lagipula tidak ada rasa2 atau gejala2 nggak enak perut seperti mau hamil). Lalu saya juga tidak menyusui sejak anak saya lahir, karena ASI sama sekali tidak keluar (kami sudah mencoba segala cara, namun ASI tetap tidak keluar. Jadi anak saya minum Susu Formula dari lahir). Dan satu lagi, berat badan saya sebelum hamil 59KG, dan ketika hamil 38 minggu mencapai 87KG, dan sekarang berat badan saya 80KG (saya tidak tahu apakah ada pengaruhnya kenaikan berat badan yang drastis?). Oiya dok, dulu ketika sebelum menikah, dari jaman saya SMA sampai kuliah, haid saya memang tidak teratur. Kadang bulan ini haid, baru haid lagi 2 bln kemuadian. Itu terjadi terus sampai saya kuliah. Lalu saya sempat melakukan tusuk jarum (akupuntur) dan mengkonsumsi obatnya, lalu haid saya menjadi teratur sampai pada saat saya menikah. Jadi kira-kira apa penyebab haid saya tidak keluar ya Dok? Lalu apakah hal seperti itu normal? Mohon penjelasan serta bantuannya Dok. Terimakasih sekali.



Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Setelah melahirkan, umumnya akan terjadi peningkatan kadar hormon Prolaktin, terutama akibat rangsangan puting susu pada saat menyusui bayi. Peningkatan kadar hormon prolaktin akan menekan fungsi kelenjar hipofisa (kelenjar anak otak) yang memproduksi hormon untuk merangsang pertumbuhan sel telur. Akibat penekanan tersebut, maka tidak ada sel telur yang tumbuh sehingga terjadi gangguan haid (bisa tidak haid atau haidnya tidak teratur). Itu sebabnya pada wanita yang baru melahirkan sering tidak haid atau haidnya belum teratur. Walaupun ASI tidak keluar, kadang dengan penekanan pada puting masih keluar cairan bening, atau bahkan bisa juga tidak keluar cairan dari puting, tetapi hormon Prolaktin masih tinggi. Untuk mengetahui kadar hormon Prolaktin bisa dilakukan pemeriksaan dari darah.

Penyebab lain tidak haid kemungkinan memang ada gangguan pada fungsi indung telur yang disebut Ovarium poli kistik, mengingat riwayat siklus haid sebelum hamil juga tidak teratur. Pada keadaan ini,s el telur tidak bisa atau sulit tumbuh secara alami karena ada gangguan pada fungsi hormon insulin (resistensi insulin) Umumnya wanita dengan kelainan ini mempunyai berat badan lebih ("Overweight" atau Obesitas). Diet dan olah raga yang teratur akan memperbaiki fungsi hormon insulin sehingga bisa memperbaiki juga fungsi indung telur dan siklus haid akan jadi teratur. Tetapi untuk mengetahui secara lebih detil masalah tidak haid ini ada baiknya ibu memeriksakan diri ke dokter kandungan terdekat untuk dilakukan evaluasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Pengasuh Rubrik Kebidanan dan Kandungan

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Sakit Perut Bawah Kiri
Imunisasi MMR dan IPD
Penetrasi Tanpa Kondom 3