A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 282

Kehamilan Kosong - Tanya Dokter
klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Kehamilan Kosong

maaf dok.. umur kehamilan sekitar 8-10 minggu, tapi ketika di usg ternyata ditemukan kantong kehamilan dalam keadaan kosong, apa yang harus dilakukan..??? jika memang harus di aborsi berapa persen kemungkinan akan hamil lagi...??? terima kasih atas jawabannya




Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Nampaknya yang dimaksudkan dengan kantong kehamilan kosong adalah "blighted ovum" yang merupakan suatu kelainan dalam kehamilan di mana kantong kehamilan tumbuh tanpa disertai pertumbuhan janin, sehingga hanya kantong kehamilannya yang tumbuh.

Blighted ovum dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan/atau sel sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. Sayangnya blighted ovum tidak dapat dicegah, meski demikian, umumnya blighted ovum hanya akan terjadi satu kali pada ibu hamil.

Biasanya diagnosa blighted ovum sudah ditegakkan pada kehamilan trimester 1 dan baru diketahui setelah melakukan pemeriksaan USG trnsvaginal pada kehamilan 6-7 minggu, karena pada saat itu kehamilan sudah agak besar 16 mm sehingga terlihat lebih jelas. Untuk menegakkan diagnosis blighted ovum perlu dilakukan pemeriksaan USG yang berulang untuk benar-benar memastikan bahwa tidak ada pertumbuhan janin di dalam kantong kehamilan, sehingga Dokter Kebidanan Anda tidak sampai salah diagnosis. Apabila setelah di USG transvaginal ulang, kantung kehamilan Anda kosong tidak berisi janin maka Anda akan dianjurkan untuk dilakukan kuret untuk membersihkannya. Adapun kehamilan berikutnya sebaiknya ditunda selama 2-3 siklus menstruasi untuk menyempurnakan proses penyembuhan rahim setelah tindakan kuretase.

 

Anda tidak perlu khawatir, karena anda masih dapat hamil dengan normal pada kehamilan berikutnya. Yang perlu Anda dan suami lakukan saat ini adalah mempersiapkan kehamilan berikutnya dengan lebih baik, yaitu dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan untuk:

 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  •  

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio. Adapun bahan makan sumber asam folat adalah sayur-sayuran berdaun hijau, sereal, buah-buahan seperti jeruk, anggur, dsb.

Umumnya blighted ovum hanya terjadi sekali. Disarankan untuk menunggu 1-3 siklus menstruasi sebelum mencoba untuk hamil lagi.Untuk siklus haid, biasanya, akan kembali lagi seperti normal. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk pemeriksaan kontrol dan pemantauan kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

 

(Redaksi Klikdokter)

Ditulis oleh:

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Gips Pada Kaki
ISK dan Susu
Perut Mual, Perih