klikdokter.com
Rabu, 17 September 2014
<

Kacang Untuk Kolesterol

Slmt siang, sy membaca artikel ttng kolesterol. disana tertulis mengkonsumsi kacang bisa menurunkan kadar kolesterol dlm darah. pertanyaan sy adalah : 1. kacang2an dgn olahan yg bagaimana? dan apa kacang apasaja? (kacang tertentu atau semua jenis kacang? 2. untuk menurunkan LDL dan menaikkan HDL yg paling tepat dan cepat dengan mengkonsumsi apa? sementara trigliserida sy normal. terimakasih



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

  1. Dalam artikel Makan Kacang Turunkan Kadar Kolesterol, disebutkan bahwa:
    "Efek dari konsumsi kacang ini memang sangat tergantung dari jumlah kacang yang dikonsumsi. Perbedaan tipe kacang tidak mempengaruhi efeknya pada kadar kolesterol darah. Efek konsumsi kacang memodifikasi kadar kolesterol LDL-C serta Indeks Massa Tubuh."Salah satu penelitian menyarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis kacang sudah cukup baik untuk mengatasi level kolesterol dalam darah.  Penelitian lain yang khusus meneliti kacang pistachio dan kacang almond menunjukkan bahwa efek mengkonsumsi kedua kacang tersebut baik untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Dan sebaiknya kacang tersebut tidak digoreng, atau jika digoreng menggunakan olive oil.
  2. Penelitian pada kacang pistachio menunjukkan bahwa konsumsi kacang pistachio memberikan efek yang baik dengan menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai serba-serbi kolesterol, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kolesterol yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
GERD dan Jantung
Mata Merah dan Kering
Sakit Kepala 2