klikdokter.com
Rabu, 23 Juli 2014

Panas di Dada

Saya beberapa kali mengalami rasa panas di lokasi dada atas sebelah kiri, seperti sedikit terbakar, dan tanpa sebab. Terkadang rasa panas tersebut berlokasi pula di tengah dada. Apakah itu salah satu tanda gejala penyakit jantung ? Terima kasih



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Nyeri dada yang Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, adanya rasa terbakar pada daerah dada dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

 

Saat ini kami tetap menyarankan Anda mengunjungi dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui dan memastikan apakah keluhan Anda benar disebabkan karena gangguan pada saluran pencernaan. Jika ya, maka Anda dapat memperoleh penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter





 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Nyeri Otot
ASI Bagi Bayi
Aturan Minum Obat