klikdokter.com
Jumat, 25 Juli 2014

Efek KB Suntik 1 Bulan

Assalamualaykum, dok mau tanya.. istri saya menggunakan KB suntik 1 bulan sebelum pernikahan kami.Dia mulai menggunakan KB pada tanggal 8 Juli.Dia dapet haid pada tanggal 26 Juli-4 Agustus.Kemudian dapet lagi tanggal 10-17 Agustus.Kemudian dapet lagi pada tanggal 4-11 september, dan kemarin tanggal 19 september dia dapet lagi. kebiasaan haidnya adalah setiap awal bulan selama 7 hari.mohon penjelasan terkait hal tersebut dan bagaimana solusinya.. apakah faktor stress berpengaruh terhadap hal tersebut mengingat kami pasangan muda yang baru menikah dan langsung terpisah sebab saya bekerja di jakarta dan istri saya di mataram,NTB? mohon penjelasannya dok. terima kasih...



Bapak yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat. Salah satu efek sampingnya memang adalah perdarahan yang tidak teratur.

Bila istri Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka istri Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter istri Anda.

Kami sertakan artikel: Keluarga Berencana untuk informasi Anda lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Tidak Bisa Tidur
Ingin Buah Hati
Bisul dan Fistula