klikdokter.com
Minggu, 27 Juli 2014

Sakit Lambung dan Sakit Kepala

Selamat siang dok, saya mau konsultasi penyakit yang didertia oleh mertua saya. mertua saya perempuan usia 55 tahun, sering mengeluh sakit dilambung dan sakit dikepala. Tiap malam beliau tidak bisa tidur karena sakit kepala tsb ( sakit kepala dibagian belakang cenut2 ). Dan pada lambungnya sering beliau merasa lambungnya naik keatas. Saya mau tanya dok, apa penyakit yg diderita mertua saya??obat yang tepat untuk beliau apa kira2 dok?? beliau dulu terlalu banyak mengkonsumsi obat2an, tapi sekarang sudah berkurang dan beliau sudah periksa ke semua dokter spesialis penyakit dalam. Mohon solusi dari dokter, dan terima kasih.



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Rasa sakit di lambung dapat disebabkan karena banyak hal, misal: dispepsia, GERD, gastritis.

Sakit kepala sebagian besar (90%) tidak diketahui penyebabnya. Beberapa hal yang dapat mencetuskan adalah kurang tidur dan stress. Sakit kepala dapat juga disebabkan sekunder oleh sakit gigi, demam, flu, tumor otak, dll. 

Sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis tanpa wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung, terlebih lagi sebelumnya mertua Anda sudah mengunjungi "semua dokter spesialis penyakit dalam". Sebaiknya, Anda membawa mertua Anda mengunjungi satu dokter dan tidak berganti-ganti dokter agar dokter tersebut dapat melakukan penatalaksanaan yang menyeluruh dan berkelanjutan pada mertua Anda. Bila berganti-ganti dokter maka dapat menyebabkan setiap dokter akan memulai lagi dari awal seluruh proses wawancara medis dan pemeriksaan.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter  



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Dermatitis Atopik
Efek Samping Obat
Gatal-gatal dan Sunat