klikdokter.com
Jumat, 22 Agustus 2014
<

Bibir Vagina dan Keperawanan

Selamat Pagi team dokter, saya mau bertanya masalah vagina pasangan saya, saya akan menikah bersamanya, tapi sbelumnya beberapa hari yang lalu kami sempat bercumbu, saya memperhatikan vagina pasangan saya saya rasa ada yang aneh dok, vaginanya ada kulit lebih seperti bibir, bentuknya agak lumayan besar 1/4 dari bibir manusia normal mungkin/+- 2cm. letaknya persis ada di atas lubang vaginanya, seperti jengger. trus juga ko kulit lubang vagina pasangan saya sudah keriting ya tidak rapi lagi.sperti karet celana yaang sudah lama di pakai? pertanyaan saya dok. 1. kulit yang seperti jengger yang letaknya ada di atas lubang vagina pasangan saya itu apa ya dok?? 2. kulit lubang vagina istri saya kenapa seperti itu apa kemungkinan dy sudah tidak virgin atau sudah pernah ada penis yg masuk ke vaginanya sehingga kulit lubang vagina keriting dok?? 3. apa ciri2nya wanita masi virgin dok? karena kalau saya tanya langsung dengan pasangan saya, saya takut dia merasa marah & kecewa terhadap saya. sebelumnya saya juga sempat perhatikan vagina keponakan saya secara tidak langsung bentuknya tidak seperti itu dok, keponakan saya umurnya 7thn. dan juga saya suka melihat vagina wanita2 dewasa di film porno juga tidak ada yang sperti pasangan saya yang ada kulitnya di atas lubang vaginanya. mohon jawabannya dok saya tunggu karena setiap orang ingin mendapatkan yang terbaik. thanks



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

1. Nampaknya yang Anda maksudkan adalah bibir vagina. Bentuk bibir vagina sangat bervariasi pada setiap wanita. Selama tidak terdapat keluhan pada bagian tersebut, rasanya bentuk bibir vagina yang melebar dan memanjang merupakan salah satu bentuk variasi normal.

2. Virgin atau tidak, tidak dapat ditentukan berdasarkan bentuk bibir vagina. Baca penjelasan kami di no. 3.

3. Istilah keperawanan saat ini lebih ditekankan pada ada atau tidaknya selaput dara atau hymen pada liang vagina seorang wanita. Pada umumnya, pemeriksaan keperawanan dilakukan dengan memeriksa keadaan selaput dara atau hymen.

Sebenarnya, definisi yang lebih tepat dari hilangnya keperawanan adalah telah masuknya penis ke dalam vagina (penetrasi) atau telah melakukan hubungan intim.

Pada umumnya selaput dara/hymen akan robek saat hubungan seksual pertama kali akibat penetrasi yang dilakukan. Namun robekan mungkin saja tidak terjadi pada jenis selaput dara yang sangat elastis. Dan robekan pada selaput dara pun tidak harus selalu diakibatkan oleh hubungan seksual. Hal ini dapat juga disebabkan karena penggunaan tampon dan olahraga berat yang juga dapat menyebabkan keadaan robekan selaput dara yang tipis strukturnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa keperawanan seseorang tidak dapat ditentukan hanya dari utuh atau tidaknya selaput dara namun pada proses penetrasi yang terjadi sebelumnya.

Lebih lanjut sebagai perenungan, silakan kunjungi artikel kami yang berjudul Beda Negara, beda Konsep Keperawanan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Setelah Keguguran
Patah Tulang, Menjadi Pendek
Sunat dan Bintik Putih