klikdokter.com
Kamis, 24 April 2014
Login | Register

Saraf Terjepit

Selamat malam dokter, Dok, nama saya Eni. Saya ingin bertanya mengenai penyakit yang diderita mama saya yaitu urat saraf terjepit (di punggung/tulang belakang). Mama saya menderita urat saraf terjepit sudah lebih dari 5 tahun. Selama ini saya sudah membawa mama saya berobat ke beberapa dokter (dokter spesialis saraf) juga ke pengobatan akupuntur. Mama saya juga sudah pernah melakukan fisioterapi, tapi sampai saat ini belum ada hasil yang nyata untuk kesembuhannya. Penyakit ini (urat saraf terjepit) membuat maama saya merasakan sakit bukan hanya di daerah punggungnya tetapi juga ke daerah (maaf) di sekitar bokong dan kaki, sehingga gerakan (jalannya) menjadi kaku, tidak tahan berdiri lama, bahkan seringkali ketika berjalan dia merasa seakan akan ada yang mendorongnya. Ketika ingin berdiri dari posisi duduk juga akan merasa sakit apalagi bila duduknya terlalu lama. Karena itu dok, saya ingin bertanya apakah penyakit urat saraf terjepit bisa disembuhkan secara total sehingga mama saya bisa kembali bebas bergerak seperti sebelumnya? Pengobatan apa yang terbaik bagi mama saya? (dikarenakan faktor usia, saya menghindari pilihan pengobatan melalui jalan operasi). Oya mama saya juga menderita diabetes dan hipertensi. Selain itu, hal hal apa saja yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan dalam upaya menghadapi penyakit ini, setidaknya agar penyakit ini tidak bertamabah parah. Demikianlah pertanyaan saya. Maaf dok bila pertanyaan saya terlalu panjang. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih. Salam, Eni Kusumawati.



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan. Apakah selama 5 tahun ini Ibu Anda terus merasakan nyeri? Apakah tidak ada perbaikan dalam 2 tahun ini? Jika tidak ada perbaikan maka sebenarnya Anda perlu mengunjungi dokter spesialis saraf untuk mengetahui kondisi penjepitan saraf Ibu Anda saat ini, apakah mengalami perburukan atau tidak, dan apakah perlu dilakukan tindakan pembedahan atau tidak untuk membebaskan penjepitan saraf Ibu Anda. Kondisi penjepitan saraf yang tidak mengalami perbaikan setelah beberapa waktu usaha konvensional (berenang, fisioterapi, akupunktur) biasanya memerlukan penanganan pembedahan.

Penyakit saraf terjepit ini, bila kondisi penjepitannya sudah cukup parah maka memang tindakan yang paling baik adalah dengan melakukan operasi pembebasan saraf yang terjepit tersebut. 

 

Sementara waktu, rasa nyeri yang Ibu Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja, bergerak banyak

     

  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang

     

  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

     

Kami sarankan sebaiknya Ibu Anda segera memeriksakan diri dan kembali mengkonsultasikan diri ke dokter spesialis saraf untuk melihat kembali dengan pemeriksaan radiologi (MRI) apakah kondisi penjepitan saraf Ibu Anda sudah cukup parah. Hal ini dikarenakan, penjepitan saraf yang semakin parah dapat memperburuk keadaan hingga terjadi kelumpuhan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter






 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter