klikdokter.com
Sabtu, 26 Juli 2014

Tidak Haid Setelah Melahirkan

Selamat siang Dok. Dok,saya mau tanyakan tentang istri saya. istri saya umur 29 tahun dengan seorang anak umur 1 tahun. sejak melahirkan sampai anak kami berumur 1 tahun, istri saya belum pernah mendapatkan haid sekalipun. sampai dengan saat ini istri masih menyusui si kecil, terutama pada malam hari (asi full). sedangkan pada siang hari si kecil tidak mendapatkan asi karena istri juga bekerja. yang ingin saya tanyakan, apakah tidak mendapatkan haid setelah melahirkan sampai 1 tahun itu termasuk sehat atau tidak? selama ini tidak ada keluhan seperti rasa sakit atau ngilu atau yang lainnya. apakah hal seperti ini masih dikatakan sebagai 'sakit' keterunan, karena ada sepupu istri juga mengalami hal yang sama, sampai anak keduanya lahir. oia dok, istri saya dulu melahirkan melalui proses cesar (mungkin ada kesalahan dalam proses cesar nya dulu?). terima kasih dok atas jawabannya.



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Yang perlu dipastikan adalah apakah istri Anda sedang hamil atau tidak. Apakah istri Anda sudah pernah memeriksa tes kehamilan (test pack) akhir-akhir ini? Apakah menggunakan kontrasepsi setelah melahirkan? Bila benar tidak hamil, apakah makanan anak Anda adalah ASI saja atau hampir semuanya ASI? Bila ya, maka kemungkinan penyebab dari Ibu tidak menstruasi adalah karena faktor menyusui. Hal ini normal terjadi pada ibu yang masih menyusui secara aktif, di mana makanan anaknya dominan adalah ASI. Datangnya menstruasi setelah melahirkan memang dapat memanjang pada ibu yang masih menyusui. Ada juga yang dapat hingga 1 tahun, ada yang lebih lama lagi.

Kami tetap menyarankan Anda untuk berkonsultasi ulang ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Kami juga menyarankan istri Anda untuk memulai menggunakan alat kontrasepsi bila tidak ingin punya Anak lagi dalam waktu dekat.

Tidak menstruasi saat menyusui secara aktif adalah hal yang normal, jadi tidak disebut sebagai sakit keturunan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter








 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Kebas di Tangan
Kelopak Mata Turun Sebelah
Kulit Anak Alergi