klikdokter.com
Rabu, 27 Agustus 2014
<

Obat Penurun Berat Badan

Dok saya mau tanya obat untuk menurunkan brt bdn apa yg bisa menahan napsu makan saya.



Bapak/Saudara yang Terhormat.

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan  untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi. Selain diberikan diet yang tepat, dapat juga diberikan obat untuk membantu menurunkan berat badan.

Berikut judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal, cara menurunkan berat badan dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:

Perlukah Menurunkan Berat Badan?

10 Makanan Turunkan Berat Badan

Snack Malam Tingkatkan Berat Badan

Pil Penurun Berat Badan, Amankah?

Pemberian obat-obatan hanya diberikan jika penanganan dengan perubahan gaya hidup tidak dapat dicapai. Ada dua obat resep yang sudah di izinkan oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk pengobatan jangka panjang obesitas. Yaitu;

  • Sibutramine. Obat ini merubah persarafan di otak anda, yang membuat anda lebih cepat merasa kenyang. Efek samping obat ini meningkatkan tekanan darah, sakit kepala, mulut kering, konstipasi dan insomnia.
  • Orlistat (Xenical). Cara kerja obat ini adalah mencegah penyerapan lemak dalam usus anda. Lemak yang tidak terserap akan dibuang bersama tinja. Efek samping yang timbul adalah peningkatan gerakan usus. Karena obat ini juga akan menyerap nutrisi selain lemak, dokter anda akan menyarankan untuk mengkonsumsi multivitamin.   


Indikator penting bagi dokter untuk memberikan obat-obatan adalah:

  • Metode penurunan badan yang lain tidak berhasil
  • Indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 27 dan mempunyai komplikasi medis dari obesitas seperti, diabetes, tekanan darah tinggi, atau sleep apneu.
  • IMT anda lebih dari 30

Penggunaan obat-obatan lainnya yang tidak diketahui bahan aktifnya, maka tidak dapat diketahui cara kerjanya, dan tidak dapat diketahui efektivitasnya maupun efek sampingnya. Penggunaan obat-obatan tersebut juga hanya dapat diberikan dengan pemantauan dokter untuk memantau efek samping obat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

 


 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Tulang Dada Anak Bengkok 2
Hidung Tersumbat
Nanah Dari Penis