klikdokter.com
Rabu, 20 Agustus 2014
<

Kelingking Kesemutan

dok kenapa ya jari kelingking sampai telapak tangan dibawah kelingking saya kesemutan sudah beberapa hari ga sembuh, awalnya saya main komputer hampir seharian trs tiba-tiba tangan saya kesemutan, karena saya pikir cuma kesemutan biasa jadi saya biarkan ternyata sampai sekarang ga sembuh mohon pencerahannya dok



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah keluhan hanya terjadi pada satu tangan/lengan? Tangan/lengan sebelah kiri atau kanan yang mengalami keluhan?

Nampaknya yang terjadi pada Anda disebut dengan cedera nervus ulnaris. Keluhan kesemutan pada jari manis dan jari kelingking sering terjadi apabila nervus ulnaris terjepit. Biasanya terjadi jika bermain komputer dengan posisi yang salah sehingga siku tangan terbentur atau terus menerus dalam posisi tertekuk dalam waktu yang lama.

Saat ini yang dapat Anda lakukan adalah memposisikan lengan yang mengalami keluhan dengan baik, jangan tertekuk, melakukan gerak membuka dan menutup genggaman tangan sebanyak 3x100 kali dalam sehari agar otot-otot dan persarafan Anda tetap bekerja dengan baik, mengkonsumsi vitamin untuk persarafan (B12). Bila keluhan terus berlanjut dalam 10-14 hari, dan tidak terdapat perbaikan, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter saraf untuk mengetahui derajat terjepitnya saraf/nervus ulnaris Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Batuk Hilang Timbul
Ukuran Penis Anak
Haid Terlambat 2