klikdokter.com
Rabu, 20 Agustus 2014
<

Ari-ari di Bawah

sore dokter, saya mau tanya dok.. saat ini usia kandungan saya memasuki minggu ke 14, selama ini kandungan saya memang aga lemah suka flek coklat n bulan juni kemarin 2x flek merah, dr minggu ke 5 saya selallu diberi obat pengaut ( Pragnolin ) sama dokter saya samapi saat ini, minggu kemarin saya USG kata dokter saya ari2 bayi saya berada didepan ( menutupi jalan keluar bayi ) yg mau saya tanyakan apa efek sampingnya klo saya terus-terusan konsumsi obat penguat janin ( pragnolin ) n apa yg harus saya lakukan supaya ari2 bayi saya bisa naik.. terimakasih dokter



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kondisi ari-ari menutupi jalan lahir disebut plasenta previa. Hal ini dapat terjadi pada usia kehamilan yang muda. Namun, seiring dengan pertambahan usia kehamilan, plasenta (ari-ari) tersebut dapat berpindah sehingga tidak menutupi jalan lahir. Namun terkadang plasenta tersebut ada juga yang tetap menutupi jalan lahir, akibatnya dapat terjadi perdarahan lewat jalan lahir dan proses melahirkan tidak dapat normal (harus dengan operasi SC). Oleh karena itu, ibu perlu melakukan pemeriksaan USG ulang sesuai dengan yang disarankan oleh dokter SpOG. Biasanya diharapkan plasenta berpindah posisi pada trimester ketiga kehamilan. Tidak ada hal khusus yang dapat dilakukan untuk memindahkan posisi plasenta.

Pregnolin berisi Allylestrenol yang merupakan hormon. Efek samping yang sering dilaporkan adalah mual dan muntah. Bila dapat ditoleransi dengan baik, tidak ada masalah sejauh ibu mengikuti petunjuk dokter spesialis kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter




 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Keluhan Mata Kering
Sulit Buang Air Besar
Rasa Mengganjal Kerongkongan 2