klikdokter.com
Senin, 28 Juli 2014

Ciri-Ciri Kanker Leher Rahim

ciri ciri kita kena kanker servix apa ya dok...




 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

Gejala paling umum dari kanker leher rahim (serviks) adalah perdarahan abnormal dari vagina atau flek (bercak) vagina. Perdarahan abnormal ini terutama terjadi setelah berhubungan seksual,  namun dapat muncul juga perdarahan diantara 2 siklus menstruasi, menoragia, atau bercak / perdarahan postmenopause. Bila perdarahan berlangsung dalam jangka waktu lama maka pasien dapat mengeluh lelah dan lemas karena anemia yang dialaminya. 

Bercak kekuningan yang encer diikuti dengan bau amis jgua dapat merupakan tanda-tanda keganasan. Gejala biasanya baru muncul ketika sel yang abnormal berubah menjadi keganasan dan menyusup ke jaringan sekitarnya.

Akan tetapi gejala-gejala ini baru ditemukan setelah sel abnormal berubah menjadi keganasan dan menyusup ke jaringan sekitarnya yang umumnya membutuhkan waktu hingga belasan tahun. Sedangkan luka atau tanda paling awal yang dapat ditemukan sebelum berkembangnya kanker serviks (lesi pra-kanker serviks) hanya dapat ditemukan melalui pemeriksaan pap smear atau IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) yang dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel: Kanker Leher Rahim.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter


 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Badan Panas Setelah Hubungan
Nyeri Tangan Kanan
Solusi Masalah Kemaluan