klikdokter.com
Rabu, 01 Oktober 2014
<

Sakit Kepala Sebelah Kanan

Dear Klik docter Dok teman saya kalu sakit kepala seperti orang kesurupan,rasanya hanya sebelah kepala bagian kanan (sangat sakit sekali)ini sudah diderita 3 th. anehnya hanya beberapa menit saja.dan itu beberapa hari/bulan kemudian kumat lagi...sakit apakah teman saya tsb dok?apakah ada pantangan makanan?apa yg harus dilakukan terima kasih



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah Teman Anda mengalami gangguan penglihatan (mis: melihat kilatan cahaya, bintik hitam, kabur sebelah sisi)? Kemungkinan Teman Anda mengalami sakit kepala migrain.

Sakit kepala yang dirasakan hanya pada satu sisi kepala dikenal dengan istilah migrain. 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura.

Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Teman Anda perlu untuk memperhatikan makanannya. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migrain adalah :

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine ( keju , red wine )

  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan China dan Meksiko

  3. Makanan yang mengandung Nitrat ( bologna,salami,smoked meat )

  4. Makanan yang difermentasi

  5. Alkohol ( red wine )

  6. Caffeinated ( softdrink,teh,kopi )

 

Bila diikuti oleh keluhan-keluhan lain seperti mual, muntah, sakit berdenyut pada mata, gangguan penglihatan dan sakit kepala hebat, kami sarankan Teman Anda mengunjungi dokter spesialis saraf. Teman Anda dapat mengatasi sakit kepala dengan obat penghilang rasa sakit dan beristirahat. Apabila sakit masih tidak berkurang, segera hubungi dokter Anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

 

Selain itu, Teman Anda dapat mencatat atau membuat diari yang memuat kapan saja mengalami sakit kepala, hebatnya sakit kepala, berapa lama. Hal ini dapat membantu Anda menentukan apa saja yang menyebabkan sakit kepala Teman Anda mucul dan membantu Teman Anda untuk menghindarinya.

 

Kami sertakan juga artikel mengenai Sakit Kepala Migrain untuk informasi lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Nutrisi Pasca Operasi Sesar
Hubungan Saat Hamil
Sperma Cepat Keluar