klikdokter.com
Jumat, 19 September 2014
<

Sakit-Pegal Kepala-Leher

Selamat pagi Dokter... Sudah 7 hari ini saya mengalami pegal dibagian pangkal leher yang hanya dirasakan ketika mendongakkan kepala. Selain itu selama 7 hari ini saya merasakan rasa yang aneh di kepala bagian kiri, belakang bawah, di atas mata, dan bagian atas kepala, antara sakit dan tidak, Lebih mirip seperti ditindih benda (sesekali pernah terasa 2 - 3 denyutan di kepala). Ketika membungkuk terasa seperti ada yang mengalir dari leher ke bagian puncak kepala. Selain itu, penglihatan saya mengalami gangguan misalnya, ketika suatu benda bergerak sampai di titik A, saya merasakan benda itu belum sampai di titik A. Dan juga mata menjadi lelah/berat. Di hari ke 3 saya konsultasi ke dokter umum dan dikatakan saya menderita sakit kepala tension. Tapi apa yang saya rasakan tidak kunjung sembuh. Tekanan darah saya 120/70. Kemudian di hari ke 5 saya konsultasi ke dokter spesialis dalam. Diminta foto rontgen cervikal ap&lat. Dan dokter menyatakan tidak ada apa2 dengan leher saya, cuma mengatakan gangguan otot. Dan kemudian meminta saya melakukan tes lab hematologi lengkap. Saat menulis surat ini saya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium. Sebagai tambahan, apa yang saya rasakan ini selalu ada (tidak hilang kambuh). Saya tidur dengan merasakan sakit tersebut, dan bangun di pagi hari tetap merasakan sakit tersebut, walaupun terkadang aktivitas sehari-hari menyebabkan saya seperti terlupa dan cenderung tidak merasakan sakitnya. (Lebih sering terasa kalau diam), dan yang mengherankan saya, sakit kepala saya tidak pernah bertambah parah ataupun hilang. Kecuali tadi pagi saat saya berolahraga badminton. Setelah selesai main 2 set tiba-tiba nyeri di kepala saya menjadi lebih hebat. dan setelah istirahat sebntar menurun lagi nyerinya. Saya meminta pendapat dokter : 1. Saya terserang penyakit apa? 2. Apa tindakan yang harus saya lakukan mulai sekarang terkait dengan pengobatan dan pemulihan kondisi saya? 3. Ke Dokter spesialisasi apa saja saya sebaiknya berkonsultasi? Saya mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan Dokter dalam menjawab pertanyaan saya.. 3.



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dari informasi yang Anda berikan, keluhan Anda berupa: pegal dibagian pangkal leher yang hanya dirasakan ketika mendongakkan kepala selama 7 hari. Keluhan hialng-timbul, lebih terasa saat sedang tidak beraktivitas. Tidak bertambah parah namun tidak hilang sepenuhnya juga. Anda juga mengeluhkan 1) rasa yang mengganggu  seperti ditindih benda berat, terasa juga denyutan, di kepala bagian kiri, belakang bawah, di atas mata, dan bagian atas kepala; 2) gangguan penglihatan, mata terasa lelah dan berat.

Tekanan darah Anda dalam batas normal, hasil foto rontgen servikal dalam batas normal dan saat ini sedang menunggu hasil pemeriksaan hematologi lengkap.

Yang Anda lakukan saat ini dengan mengunjungi dan berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sudah benar. Diperlukan beberapa pemeriksaan terkait dengan keluhan Anda.

Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

 

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

 

  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian
  • Gangguan tidur
  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja
  • Waktu makan yang tidak teratur
  • Kelelahan mata
  • Penghentian konsumsi kafein

  • dll

 

 

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri anda. 50% penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress. Bagaimana dengan diri Anda? Jika Anda perhatikan, faktor apa saja yang menjadi pemicu keluhan Anda untuk timbul?

 

Dengan menghindari faktor pencetus TTH, diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa nyeri dan membantu Anda untuk menghindari kejadian berulangnya keluhan yang Anda rasakan.

Sambil menunggu hasil pemeriksaan untuk keluar, kami sarankan Anda memperhatikan faktor-faktor pemicu munculnya keluhan Anda dan memperhatikan aktivitas serta pola makan dan istirahat Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Bengkak Kaki Kiri
Nilai CD4
Batu Kandung Empedu