klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register

Mual, Dada Panas, Banyak Berkeringat

Dok kalo kepala terasa pusing, mual, keluar keringat terus, kaki dingin, jantung berdetak cepat, mulut terasa pahit, dada panas. Itu gejala apa dok ?



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan-keluhan yang Anda alami tidak bersifat spesifik untuk penyakit tertentu. Mual, mulut terasa pahit, dan dada panas bisa jadi merupakan keluhan dari gangguan lambung (maag). Apakah Anda sebelumnya ada sakit maag? Apakah keluhan tersebut diperberat/muncul saat terlambat makan atau berbaring? Terkadang asam lambung dapat naik hingga ke mulut dan memberi rasa pahit atau asam di mulut. Keluhan ini dapat disertai dengan pusing.

Apakah ada perasaan dada seperti ditekan benda berat? Berapa lama keluhan dada panas tersebut berlangsung? Pada saat apa muncul keluhan dada panas? Sakit jantung bisa memberikan keluhan seperti ini, namun jarang terjadi untuk usia Anda.

Keluhan sering keluar keringat dan jantung berdetak cepat dapat berhubungan dengan gejala kelebihan hormon gondok (hipertiroidisme). Namun, penderita hipertiroid biasanya juga memiliki keluhan berat badan menurun, tangan suka gemetaran, sering BAB, mudah cemas, rambut mudah rontok. Apakah berat badan Anda menurun meskipun banyak makan?

Hal lain yang dapat menyebabkan keluhan tersebut adalah masalah psikologis. Apakah Anda merasa depresi? Apakah Anda mengalami masalah yang serius di keluarga atau pekerjaan? Bila ya bisa jadi keluhan tersebut timbul karena bermula dari pikiran yang stress.

Kami menyarankan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam, agar dapat diwawancara medis lebih jauh, dan diperiksa fisik secara mendetail untuk mengetahui diagnosis dari keluhan-keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter