klikdokter.com
Sabtu, 20 September 2014
<

Sakit di Punggung

dok, saya punya keluhan sakit punngung, ini sudah 3 bulan. Sering punggung saya terasa panas dan karna itu saya tidak bisa tidur, terkadang sakit pada bahu dan pinggang. Terasa panas di tulangnya.. saya sudah 4 kali berurut tapi tidak hilang juga, saya juga sudah periksa ke dokter, tapi dokter itu hanya bilang asam lambung dan memberi saya vitamin. Saya tidak mempunyaai keluhan sakit maag. Akhir2 ini saya sering makan, tapi sakit punggung itu juga tidak hilang. Jadi sebenarnya saya sakit apa? Di bilang karna asam lambung, saya sudah sering makan sedikit2, tapi tidak hilang juga. Mohon bantuannya. Trims



 

Bapak/Saudara yang Terhormat.

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Mohon maaf karena informasi yang Anda berikan kurang lengkap. Sakit punggung di sebelah mana? Bagian atas atau bawah? Bahu dan pinggang sebelah mana? Apakah sakitnya hilang timbul atau terus-menerus? Bila hilang timbul, seberapa sering sakit tersebut muncul? Seberapa kuat sakitnya? Apakah sakitnya menjalar? Apa pekerjaan Anda?

Masalah sakit punggung biasanya disebabkan oleh sistem muskuloskeletal (tulang dan otot). Mungkin langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencoba mengkonsumsi obat-obat antinyeri seperti panadol dan multivitamin. Kami juga menyarankan Anda untuk berolahraga secara teratur, minimal 3x seminggu, masing-masing 30 menit.

Bila keluhan tersebut tidak membaik, lebih baik bila Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam (rheumatolog). Mungkin perlu dilakukan pemeriksaan rontgent untuk evaluasi kondisi tulang Anda.

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

 

Tim Redaksi Klikdokter




 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Susu Ibu Hamil
Mata Minus
Keram pada Dada