klikdokter.com
Kamis, 18 September 2014
<

Sesak dan Sakit Dada

Sore Dok... Saya mau tanya, sudah 2 bulan ini keluhan yang saya alami itu adalah: Sesak napas (baik pada saat istirahat ataupun ber-aktivitas), Nyeri dada (kadang kanan dan kiri), pada bagian dada tengah terasa panas dan terasa seperti berat (seperti di tekan), mudah mengantuk, tenggorokan terasa ada yang mengganjal dan terasa panas (namun tidak susah untuk menelan), perut terasa kembung, ulu hati terasa nyeri dan penuh bahkan sering kali terasa panas, mual, jantung saya suka berdebar-debar, apabila naik tangga terasa lelah sekali dan berdebar-debar (namun dalam hitungan 2-3 menit sudah mereda), tapi kalau saat melakukan aktivitas olahraga sepertinya detak jantung saya normal-normal saja dan tidak ada keluhan nyeri pada dada (hanya sedikit sesak napas). mohon bantuan dan jawaban yang jelas dari dokter kira-kira sakit apakah yang saya alami ini??? Terima kasih,



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan yang Anda alami dapat disebabkan oleh masalah jantung, saluran pencernaan, saluran pernapasan, ataupun masalah psikologis.

Masalah jantung dapat menyebabkan keluhan sakit dada, sesak napas, dada berdebar-debar, dan rasa mudah lelah bila beraktivitas. Keluhan sakit dada karena masalah jantung biasa muncul saat beraktivitas, rasa seperti ditekan benda berat, dan nyeri berkurang saat istirahat, sakit dapat menjalar ke leher, bahu, dan lengan kiri. Keluhan biasa disertai dengan sesak dan berdebar-debar.

Masalah pencernaan dapat pula menimbulkan keluhan rasa tidak nyaman di dada (panas), rasa panas di tenggorokan, disertai sakit di ulu hati atau kembung, dan rasa asam/pahit di mulut. Keluhan ini biasa timbul saat terlambat makan, makan asam atau pedas, atau makan terlalu kenyang. Apakah Anda sering terlambat makan? Apakah ada sakit maag sebelumnya?

Masalah pernapasan juga dapat menyebabkan keluhan sesak dan sakit dada. Apakah Anda merokok? Apakah ada sakit asma sebelumnya?

Dilihat dari keluhan yang Anda ceritakan, sepertinya lebih berhubungan dengan masalah pencernaan (maag) dan jantung. Untuk mengetahui lebih lanjut, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa fisik, perlu juga dilakukan pemeriksaan rontgen dada dan rekam jantung karena penting untuk menyingkirkan masalah jantung.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter




 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Bersenggama Saat Menstruasi
Benjolan pada Bibir Vagina
Bayi Cenderung Tidur