klikdokter.com
Sabtu, 20 September 2014
<

Benjolan pada Bibir Vagina

dokter saya mau bertanya di bibir vagina atas sebalah kiri ada benjolan lunak tidak bernanah, rasanya sakit apabila disentuh. sebelumnya saya pernah mengalami seperti ini tapi kurang lebih seminggu benjolan itu hilang. tapi sekarang benjolan itu muncul kembali.kira-kira berbahaya atau tidak ya dok...? dan penyebab kemunculan benjolan ini apa ya dok??



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya perlu dijelaskan terlebih dahulu seberapa besar benjolan tersebut? Apakah benjolan tersebut lunak, kenyal, atau keras? Bagaimana bentuknya?

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina. Dalam dunia medis, semua benjolan disebut tumor. Secara garis besar benjolan (tumor) dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat.
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin.

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak, namun untuk mengetahui secara pasti, maka benjolan tersebut harus diangkat dan diperiksa di bawah mikroskop (histopatologi). Saran saya adalah Anda dapat memeriksakan diri ke dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan).

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Bayi Cenderung Tidur
Penyebab Gizi Kurang
Pembesaran Payudara Pada Pria