klikdokter.com
Jumat, 25 April 2014
Login | Register

Sering Haus

Dok, saya mau tanya. Kenapa ya akhir-akhir ini saya sering sekali haus? padahal saya minum banyak. Sekarang jika haus saya sampai merasakan tenggorokan kering sekali sampai rasanya sakit. Apakah mungkin saya terkena Diabetes mengingat saya ada keturunan Diabetes. Tetapi akhir tahun lalu saya pernah cek gula darah dan hasilnya bagus dan saya juga tidak merasakan gejala Diabetes yang lain selain sering merasa haus. Tolong jawabannya dok. Terima kasih Nita



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gejala klasik diabetes mencakup polidipsi (sering merasa haus), polifagi (sering merasa lapar) dan poliuri (sering buang air kecil, terutama di malam hari). Selain itu juga disertai dengan sering merasa lelah dan penurunan berat badan yang terjadi drastis. Adakah gejala yang kami sebutkan Anda alami?

Selain gejala khas di atas, masih terdapat gejala lain yang juga dapat ditemukan pada penderita diabetes:

- pandangan kabur
- kesemutan pada tangan dan/atau kaki
- luka yang tidak sembuh
- gatal-gatal pada selangkangan atau kemaluan
- keputihan (wanita)

- cepat lelah dan mengantuk, hasil kerja menurun
- gangguan seksual (disfungsi ereksi)

Selain itu gejala-gejala yang terjadi juga harus didukung dengan pemeriksaan gula darah yang sesuai. Jika memang tidak terdapat gejala-gejala lain dan pemeriksaan gula darah Anda normal maka belum ada yang perlu Anda khawatirkan. Namun, mengingat terdapat faktor risiko adanya riwayat Diabetes dalam keluarga Anda, kami sarankan Anda melakukan pencegahan dengan menjaga pola makan dan melakukan gaya hidup sehat.

Rasa haus yang Anda alami sangat mungkin berkaitan dengan metabolisme tubuh Anda. Apakah Anda sering bekerja di luar ruangan atau banyak melakukan aktivitas yang melibatkan banyak kegiatan fisik? Berapa banyak Anda mengonsumsi air dalam sehari? Tubuh manusia memang membutuhkan cairan antara 1,8-2,5 liter per hari dari berbagai sumber. Bagaimana dengan Anda?

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 





 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter