klikdokter.com
Minggu, 21 September 2014
<

Mengecilkan Perut Setelah Hamil

Saya baru saja habis melahirkan sebulan yg lalu dgn operasi caesar sesuai permintaan saya (bkn atas saran dokter). Sebelum hamil ukuran pinggang 64cm, tinggi 163cm/berat 54kg pd saat hamil 9bln perut saya tidak sebesar orang2 pd umumnya berat bdn 64kg. Bahkan byk org yg tidak mengetahui saya hamil bila saya menggunakan daster. Skrg berat 58kg dan lingkar perut 74cm. Setelah melahirkan, atas saran dokter saya hanya menggunakan grita, tdk dibolehkan pakai korset dan stagen. Saat ini saya juga merasakan nyeri2 setelah melahirkan dan diberi obat Benovit M dan Torasic Ketorolac Tromethamine 10mg oleh dokter. Dokter juga tidak memperbolehkan saya minum ramuan2 pengecil perut dan pinggang krn takut pendarahan. Yg ingin saya tanyakan: 1. gmn caranya spy perut saya mengecil lagi? Obat apa yg hrs saya minum? 2. Apa benar saya tidak boleh minum ramuan2 pengecil perut dan pinggang krn takut pendarahan walaupun itu dari merk jamu terkenal? 3. Krn ASI saya sedikit dan bayi saya kdg2 mau di ASI kdg tidak mau, bolehkan saya mencamput ASI dgn susu formula spy bayi saya mau minum ASI? Terima kasih



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berikan waktu untuk tubuh Anda menyesuaikan diri.

Sectio caesarea (SC) adalah merupakan suatu tindakan pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding rahim. Waktu penyembuhan yang diperlukan setelah operasi caesar bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. Selama proses penyembuhan tersebut memang sebaiknya tidak mengosumsi obat-obatan ataupun jamu-jamuan yang tidak diketahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Untuk mengembalikan bentuk tubuh semula, Anda dapat melakukan olah raga. Olah raga sebaiknya dilakukan bertahap setelah beberepa waktu dari proses penyembuhan yang berlangsung sempurna.

Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada otot tubuh anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Olahraga dapat dimulai dengan melakukan olahraga aerobik, seperti jogging, bersepeda, dll yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Untuk olahraga ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, misal otot perut, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti semula. Memang merupakan suatu hal sulit untuk mengembalikan perut ke kondisi semula pasca melahirkan, karena itu diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut Anda. Menggunakan kain yang dililitkan ke perut tanpa melakukan olahraga tetap tidak dapat mengencangkan otot perut.

Dengan menyusui, sebenarnya akan membantu Ibu menyusui untuk menurunkan berat badan. Kami sarankan Anda tetap menjaga asupan nutrisi Anda agar kualitas ASI Anda tetap terjaga dengan baik.

Kami sangat menyarankan dan mendukung pemberian  ASI eksklusif.

ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan. Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI Eksklusif 6 bulan.

Pemberian susu formula juga dapat menimbulkan cukup banyak masalah pada bayi seperti diare, alergi, intoleransi laktosa, sulit buang air besar, dll.

Apabila bayi diberikan makanan tambahan di bawah usia 6 bulan, maka ada kemungkinan bayi dapat mengalami gangguan pencernaan maupun alergi. Hal ini disebabkan sistim pencernaan bayi yang masih belum sempurna dan begitu pula sistim kekebalan tubuh pada bayi. Invaginasi merupakan salah satu penyakit pada bayi yaitu usus bayi masuk ke dalam ususnya yang lain akibat pengenalan makanan padat sebelum waktunya dapat mengancam nyawa bayi. Invaginasi membutuhkan terapi operasi.

Ketimbang memberikan susu formula, akan lebih baik jika bayi diberikan ASI karena manfaat yang banyak bagi bayi dan Ibu.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Konsumsi Multivitamin Pada Diabetes
Sakit Kepala 2
Pertumbuhan Anak 14 Bulan