klikdokter.com
Selasa, 29 Juli 2014

Congek dan Sakit Kepala

dok,,saya pria usia 21 tahun,dan telah mengidap penyakit(otitis media) atau lebih dikenal dengan nama congek,, berikut yang saya ingin tanyakan kedokter? 1.apakah penyakit saya ini bisa sembuh?kalau bisa dengan cara apa dok? 2. kalau sampai di operasi,berapa kah biaya yang dibutuhkan untuk operasi penyakit saya ini? o ya dok,,saya mempunyai askes,apakah operasinya gratis jika memakai askes?dan kalau bisa saya ingin operasi dijakarta,? 3.saya sering mengalami migrain dok,,apakah migrain saya ini dipengaruhi oleh penyakit congek saya??? sekian pertanyaan saya dok,,sebelumnya saya ucapkan banyak terimah kasih,,,



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, Anda mengalami congek, atau dalam dunia medis disebut OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik). OMSK adalah  infeksi kronik di telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan sekret yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah. 

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Apakah saat ini ada cairan yang keluar dari telinga Anda? Pada telinga manakah keluhan ini terjadi? Bila masih keluar cairan terus menerus maka perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk mengehentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat.  Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi. Proses infeksi yang telah melibatkan tulang-tulang pendengaran dapat menyebabkan keluhan sakit kepala sebelah yang Anda alami saat ini.

Kami sarankan, Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap derajat kerusakan gendang telinga yang saat ini terjadi pada telinga Anda dan juga untuk menuntaskan infeksi yang mungkin masih terjadi pada telinga Anda.

Untuk harga setiap rumah sakit memiliki kebijakan yang berbeda, Anda mungkin dapat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah atau Rumah Sakit Pemerintah untuk harga yang lebih terjangkau.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Varikokel dan Kesuburan
Kutil Kulit
Gatal Selangkangan&Sela Jari