klikdokter.com
Sabtu, 02 Agustus 2014

Denyut Jantung Janin

Selamat siang dokter, Saya hamil 7 minggu, pas melakukan usg panjang janin saya 1,1cm. dokter bilang detak jantung belum terdeteksi, kata dokter biasanya umur kandungan 7 minggu sudah bisa terdeteksi. Saya masih di kasih obat vitamin n asam folat selama 2 minggu. kira-kira apa perlu saya cari 2nd opinion ke dokter lain? biasanya usia berapa jantung janin terdeteksi dok? sedangkan saya tidak mengeluarkan tanda apa2, cuma mual seperti biasa. Terima Kasih untuk saranya dok, Salam



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Detak jantung janin sebenarnya sudah dapat terdeteksi melalui pemeriksaan USG transvaginal sejak usia kehamilan 6 minggu. Namun, tidak semua pulsasi janin dalam usia kehamilan 6 minggu sudah dapat terdeteksi. Dengan pemeriksaan USG kehamilan, denyut jantung janin biasanya dapat dideteksi pertama kali saat janin berusia 7 minggu, dimana janin sudah lebih mudah dilihat di dalam kantong gestasi, denyut jantung janin sudah dapat terlihat dengan lebih jelas, struktur kepala janin sudah dapat dibedakan dari badan janin dan mungkin gerakan janin pun sudah dapat terdeteksi. Namun, pembentukan jantung yang sempurna biasanya mencapai 6-8 minggu.

Panjang janin pada usia kehamilan 7 minggu biasanya sudah mencapai 2-5 mm.

Ibu dapat melakukan pemeriksaan ulang pada minggu ke-8 atau ke-9 untuk memastikan kondisi kesehatan janin Ibu ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Fordyce's Spot
Diet Saat Hamil
Flek Darah: Keguguran?